Ratusan Warga Sumenep Berebut KTP-el

Rahmatullah    •    Senin, 10 Jul 2017 18:53 WIB
e-ktp
Ratusan Warga Sumenep Berebut KTP-el
Suasana antrean KTP-el di Kantor Disdukcapil Sumenep, Jatim, Senin (10/7/2017). (Metrotvnews.com/Rahmatullah)

Metrotvnews.com, Sumenep: Ratusan warga menyerbu kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin 10 Juli 2017. Mereka berebut untuk segera mendapatkan KTP-el. Semuanya sudah melakukan perekaman, tinggal menunggu utuk mendapatkan kartu identitas berbasis elektronik itu.

Ratusan warga dari berbagai kecamatan ini sudah masuk daftar Print Ready Record (PRR). Pada April lalu, Disdukcapil Sumenep sebenarnya sudah mendapatkan 10 ribu keping blangko KTP-el dari pusat. Lalu Mei kembali menerima blangko sebanyak 8.000.

Tapi karena peladen (server) bermasalah, pemohon KTP-el harus bersabar dulu. Kini proses percetakan KTP-el sudah tidak ada kendala lagi.
 
Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumenep, A. Zaini, menyebut daftar PRR banyak. Dia mengaku bersyukur Sumenep sudah mendapatkan 18 ribu keping blangko KTP-el, dan proses percetakan bisa dilakukan.
 
“Banyak warga berbondong-bondong untuk mengambil KTP. Jika nanti blangko masih kurang, kami akan mengajukan lagi ke pusat untuk mendapatkan tambahan,” terangnya.
 
Dia meminta petugas untuk mendahulukan warga yang sangat membutuhkan KTP-el, seperti untuk keperluan melanjutkan pendidikan dan sakit. Tapi untuk mempercepat pelayanan, dia mengaku tidak menambah petugas. Petugas yang ada diyakini bisa maksimal melayani masyarakat.
 
“Jika tidak ada kendala, tiap hari bisa cetak antara 250 hingga 300 keping KTP-el. Sekarang perkiraan sudah tercetak 8.000 keping,” jelasnya.
 
Nurhayati, warga Desa Laok Jangjang, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, bersyukur sudah memiliki KTP-el. Dia sengaja datang langsung ke kantor Disdukcapil agar cepat mendapatkan kartu penduduk itu. Sebab jika masih melalui UPT, diyakini tidak akan secepat datang sendiri ke Disdukcapil.


(SAN)