Gus Ipul Minta Ada Tambahan Kouta Haji

Amaluddin    •    Rabu, 09 Aug 2017 19:03 WIB
haji 2017
Gus Ipul Minta Ada Tambahan Kouta Haji
Wakil Gubernur Jatim saat melepas keberangkatan jemaah haji Kloter 39 asal Kota Malang di Embarkasi Surabaya. (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul meminta pemerintah melobi Arab Saudi untuk menambah kouta haji. Tujuannya agar antrean bagi calon haji tak terlalu panjang dan lama.

"(Sekarang) calon haji harus menunggu 19 tahun," kata Gus Ipul usai memberangkatkan Kelompok Terbang 39 asal Kota Malang, di Asrama Haji Embarkasi Sukolilo (AHES), Rabu 9 Agustus 2017.

Gus Ipul yakin tambahan kouta haji akan memangkas waktu antrean. Jumlah kouta untuk Jatim pada musim haji 2017 ini sebanyak 35.270 orang. Jumlah itu lebih tinggi dari jumlah kouta haji Jatim 2016 sebanyak 27.323 orang.

Secara keseluruhan melalui Embarkasi Surabaya memberangkatkan 83 kloter yang diawali berangkat 27 Juli dan kloter terakhir pada 26 Agustus 2017. Hingga saat ini, Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan sebanyak 39 Kloter atau 16.903 calon haji ke Tanah Suci. Artinya, masih ada 44 Kloter atau sebanyak 18.367 calhaj yang menunggu jadwal keberangkatan haji.

"Dalam jumlah tersebut, ada jamaah tertua usia 90 tahun sebanyak 12 orang, dan termuda usia 18 tahun," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Ipul mengingatkan para jemaah memperbanyak konsumsi air putih, mengingat cuaca di Tanah Suci mencapai 45 derajat celcius. Jemaah juga diingatkan agar mengikuti petunjuk petugas.

"Kalau waktunya istirahat ya istirahat, kalau waktunya ibadah ya ibadah, sesuai dengan ketentuan dan syarat rukun haji. Ikuti petunjuk dan arahan dari petugas. Kami minta para jamaah tidak lupa untuk mendoakan masalah-masalah disekitar daerah masing-masing agar bisa diatasi, supaya tetap aman, nyaman, dan tentram," kata Gus Ipul.


(ALB)