Ada Dokter Patologi Buka Praktik tanpa Izin di Surabaya

Antara    •    Selasa, 27 Jun 2017 14:18 WIB
penipuan
Ada Dokter Patologi Buka Praktik tanpa Izin di Surabaya
Ilustrasi stop penipuan, Ant

Metrotvnews.com, Surabaya: Dokter gadungan di Surabaya, Jawa Timur, menyebar kartu nama melalui media sosial. Padahal dokter tersebut beroperasi dan membuka praktik tanpa izin.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita, Selasa 27 Juni 2017. Dokter tersebut atas nama Mochammad Syam yang membuka praktik spesialis patologi di daerah Semolowaru Elok, Surabaya.

"Setelah kami cek di IAPI (Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Indonesia) Cabang Surabaya ternyata namanya tidak ada," kata Febria di Surabaya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga sudah mengecek di data base Dinkes Surabaya ternyata juga tidak ada. 

"Kami juga sudah cek ke alamat tersebut ternyata tidak ada nama orang tersebut. Rumah di alamat itu tutup. Hari ini kami akan cek lagi dan segera kami laporkan," katanya.

Menurut dia, kejadian ini juga sudah pernah terjadi beberapa bulan lalu. Dokter mata palsu dari India yang buka praktik di Surabaya.

"Dinkes dibantu kepolisian akhirnya menangkap dokter gadungan itu," katanya.

Atas kejadian itu, lanjut dia, Dinkes Siranaya berharap tidak mau ada kejadian serupa terjadi di Surabaya. Menurutnya tempat praktik ilegal tersebut selain meresahkan juga membahayakan warga karena tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Febria mengatakan jika terbukti tempat praktik itu tidak berizin, maka Dinkes Surabaya akan memberi surat peringatan untuk menghentikan pelayanan. 

"Dinkes bersama dengan Satpol PP akan menutup tempat itu. Ini pak Kepala Satpol PP sudah siap menurunkan timnya," katanya.


(RRN)