PPP Pertimbangkan Dua Nama Pendamping Khofifah

Amaluddin    •    Kamis, 19 Oct 2017 19:23 WIB
pilgub jatim 2018
PPP Pertimbangkan Dua Nama Pendamping Khofifah
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membahas dua nama figur untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa pada Pilgub Jawa Timur 2018. Dua nama itu adalah Musyafak Noer (Ketua DPW PPP Jatim) dan Fandi Utomo (Wakil Ketua Komisi II DPR RI) dari jalur eksternal.

"Dua nama itu diusulkan untuk menjadi pendamping Khofifah sebagai Wakil Gubernur. Dua nama itu kini menjadi bahasan DPP PPP," kata Wakil Sekretaris DPP PPP, Achmad Baidhowi, kepada Metrotvnews.com, Kamis, 19 Oktober 2017.

Pria yang akrab disapa Awi itu bilang, nama Musyafak Noer merupakan representasi kader dari PPP. Sedangkan dipilihnya nama Fandi Utomo karena merupakan representasi dari kalangan nasionalis.

Menurut Awi, rekam jejak Fandi Utomo sebagai legislator Partai Demokrat banyak bersentuhan dengan kalangan nasionalis. Selain sebagai aktivis dari GMNI, Fandi Utomo juga pernah menjabat sebagai Mustasyar PCNU Surabaya, sehingga dekat dengan kalangan Nahdhliyyin.

"Artinya, dari sisi kalangan nasionalis, Fandi Utomo sangat tepat untuk mendampingi Khofifah. Jatim memang harus dipimpin oleh kombinasi nasionalis-santri. Karena ini merepresentasikan kultur Jatim. Yang jelas, dua nama itu saat ini sedang digodok di DPP. Karena, kewenangan Pilgub ada ditingkat pusat," kata anggota DPR RI Komisi II ini.

Awi menjelaskan, bahwa arah dukungan PPP ke Khofifah sudah sangat jelas. Itu artinya, PPP tidak akan mendukung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Meski Gus Ipul memang mendaftar sebagai cagub ke PPP. 

"Tapi saat ini Gus Ipul telah berpasangan bersama Abdullah Azwar Anas. Sementara beberapa waktu lalu Khofifah telah mendaftar ke DPP PPP sebagai cagub, namun untuk wakilnya belum. Makanya kami mengusulkan dari internal dan eksternal," jelas Awi.

Pencalonan Khofifah Indar Parawansa sebagai cagub Jatim terus menuai dukungan. Sejumlah partai juga telah menyatakan dukungan seperti Partai Golkar, NasDem dan Hanura. Khofifah sendiri telah mendaftar sebagai Cagub melalui Partai Demokrat dan PPP. Namun, hingga saat ini siapa figur pendamping Khofifah masih misterius.


(ALB)