Empat Pompa Dioperasikan untuk Alirkan Banjir Porong

Syaikhul Hadi    •    Senin, 27 Nov 2017 20:36 WIB
banjir
Empat Pompa Dioperasikan untuk Alirkan Banjir Porong
Warga di sekitar Jalan Raya Porong memantau banjir yang merendam kawasan tersebut, Senin, 27 November 2017, MTVN - Hadi

Sidoarjo: Pemerintah Daerah Sidoarjo, Jawa Timur, akan mengalirkan banjir yang merendam kawasan Porong ke Kali Ketapang. Pemerintah mengoperasikan empat pompa untuk mengalirkan air.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Syaifuddin berkoordinasi dengan Pusat Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (PPLS) untuk mengalirkan air yang merendam Jalan Raya Porong. Nur Achmad juga meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengurangi debit air di Kali Ketapang.

"Permukaan air di Kali Ketapang juga cukup tinggi. Jadi saya minta Dinas PUPR menambah pompa untuk mendorong aliran air di Kali Ketapang," ungkap Nur Achmad saat memantau banjir di kawasan Porong, Senin, 27 November 2017.

Nur Achmad mengaku banjir menjadi masalah di Jalan Raya Porong di musim hujan. Salah satu faktornya yaitu normalisasi sungai yang tertunda.

"Solusinya yaitu Sungai Ketapang dan kanal Porong harus dinormalisasi secara maksimal. Dengan begitu, harapannya, bisa mengurangi beban di sungai Ketapang," tegasnya. 

Sejak kemarin, banjir merendam Jalan Raya Porong. Rel kereta yang membentang di Porong pun terendam. Sehingga kereta tak bisa melintas.

Ketinggian banjir kurang lebih 50 centimeter. Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Surabaya menuju Porong lumpuh.


(RRN)