Ribuan Ikan di Sungai Brantas Mati Terpapar Limbah

Nurul Hidayat    •    Senin, 05 Sep 2016 09:44 WIB
pencemaran
Ribuan Ikan di Sungai Brantas Mati Terpapar Limbah
Warga ramai-ramai mengambil ikan yang terkapar di permukaan sungai Brantas, Mojokerto, Jatim. (Metrotvnews.com/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Mojokerto: Warga di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) brantas, Mojokerto, Jawa Timur, panen ikan. Ribuan ikan tegelepar di permukaan sungai, diduga tercemar limbah.

Warga pun ramai-ramai menangkap ikan mujaer, nila, mas, gabus, dan jenis ikan air tawar lainnya. Dengan jaring ataupun peralatan seadanya.

Fuad Amanullah, 23, salah satunya. Dia mengaku ikan-ikan sekarat itu dengan mudah ditangkap. Bahkan ada yang mendapat hingga puluhan kilogram.

"Sejak pagi masyarakat sudah ramai dengan kabar banyak ikan mati di sungai brantas, sehingga ikutan berbondong-bondong mencari ikan," ujarnya kepada Metrotvnews.com, Minggu (4/9/2016).

Fuad menambahkan, warga umumnya mendapat ikan mujaer, nila, mas, gabus, dan jenis ikan air tawar lainnya. "Enggak perlu susah-susah mancing. Cukup dengan jaring saja sudah ketangkep ikannya," imbuhnya.

Fuad menduga ikan-ikan itu terpapar limbah pabrik yang berdiri di sepanjang pinggiran sungai Brantas. Sebab, peristiwa serupa pernah terjadi beberapa tahun silam. 

"Dulu malah lebih parah, kejadiannya hampir seminggu berturut-turut. Setelah ada investigasi, hasilnya satu pabrik ditutup akibat kejadian tersebut," timpal Marjuki.

Pemerintah setempat belum ada yang bisa dikonfirmasi terkait peristiwa ini.


(SAN)