Istri Bung Tomo Dimakamkan di Samping Makam Suaminya

Amaluddin    •    Rabu, 31 Aug 2016 16:13 WIB
obituari
Istri Bung Tomo Dimakamkan di Samping Makam Suaminya
Persiapan pemakaman Sulistina Sutomo, istri Pahlawan Nasional Bung Tomo, di TPU Ngagel Rejo, Jalan Bung Tomo, Nomor 9, Surabaya, Jawa Timur, Rabu 31 Agustus 2016 (Foto: MTVN/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Surabaya: Jenazah Sulistina Sutomo, istri Pahlawan Nasional Bung Tomo, akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ngagel Rejo, Jalan Bung Tomo, Nomor 9, Surabaya, Jawa Timur, Rabu 31 Agustus 2016. 

"Sesuai petunjuk Gartap dan juga Dinas Sosial yang sudah dirapatkan bersama Asisten III Provinsi Jatim bahwa pemakaman almarhumah Sulistina sudah ditentukan akan dimakamkan persis di sebelah timur atau berjejer dengan makam Bung Tomo," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya Khalid Buchori, di lokasi pemakaman, Rabu (31/8/2016).

Baca: Istri Bung Tomo Wafat

Kata Khalid, penentuan tempat pemakaman juga sudah didiskusikan dengan pihak keluarga Bung Tomo. Saat ini, persiapan pemakaman tengah dilakukan.

"DKP menyiapkan lubang makam saja, sedangkan protokol menyiapkan tenda untuk persiapan upacara pemakaman ala militer dari Gartap," ujar dia.

Pantauan Metrotvnews.com, puluhan anggota Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kota Surabaya tampak sibuk mengatur keamanan dan arus lalu lintas di sekitar TPU Ngagel Rejo. Beberapa orang juga tengah sibuk mendirikan tenda dan menyiapkan kursi bagi pelayat. 

Sementara, sejumlah mobil silih berganti mengantarkan karangan bunga belasungkawa dari para pejabat Pemerintah Kota Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Informasi Protokoler Garnisun Surabaya, jenazah Sulistina Sutomo diterbangkan dari Jakarta menuju Surabaya pukul 12.50 WIB, bersama 20 orang anggota keluarga. Setibanya di Surabaya, jenazah akan dibawa ke Masjid Agung untuk disalatkan. 

Rencananya, pukul 16.00 WIB, jenazah akan dibawa ke TPU Ngagel Rejo, Surabaya, untuk dimakamkan di sebelah kiri makam Bung Tomo.


(TTD)