Maruli Tegaskan, Kajagung tak Intervensi Penyidikan PT PWU

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Rabu, 19 Oct 2016 07:08 WIB
dahlan iskan
Maruli Tegaskan, Kajagung tak Intervensi Penyidikan PT PWU
Kejati Jatim Maruli Hutagalung. (MTVN/ MK Rosyid)

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepala Kejati Jawa Timur Maruli Hutagalung memastikan, penyidikan perkara yang melibatkan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan tidak ada intervensi dari Kejaksaan Agung. Maruli tegaskan penyidikan perkara yang menjerat Dahlan murni perkara hukum.

"Sama sekali tidak ada intervensi dari Jakarta. Saya pastikan tidak ada intervensi dari Kejaksaan Agung," kata Maruli, di Kejati Jatim, Selasa (18/10/2016).

Seperti diketahui, Jaksa Agung HM Prasetyo, Selasa siang, 18 Oktober 2016, menghubungi Kajati Jatim. Dalam telepon itu, Prasetyo menanyakan seputar perkembangan penyidikan di PT Panca Wira Usaha (PWU). Sekitar 15 menit Prasetyo menelepon Maruli.

"Itu biasa, antara pimpinan dengan bawahan. Beliau tanya bagaimana kondisi Surabaya? ya, saya jawab aman," katanya.

Maruli menegaskan, dalam setiap perkara yang ditangani Kejati tidak ada intervensi Kejagung. Misalnya, kasus yang mentersangkakan La Nyalla Mattalitti, murni merupakan kasus hukum yang ditangani Kejati.

"Begitu juga dengan kasus yang ada di PT PWU ini," tandasnya.

Kasus dugaan korupsi PT PWU ini telah menyeret seorang tersangka Wisnu Wardhana. Saat ini, penyidik sedang mengembangkan perkara ini di antaranya dengan memeriksa Dahlan Iskan. Selain Dahlan, mantan Gubernur Jatim Imam Utomo dan Alim Markus bos Maspion Group juga pernah diperiksa. Total ada 25 orang yang diperiksa dalam kasus yang diduga merugikan negara sekitar Rp 900 miliar ini.


(LDS)