Warga Surabaya Diadang ke Jakarta dengan Tumpeng

Amaluddin    •    Kamis, 24 Nov 2016 12:28 WIB
unjuk rasa
Warga Surabaya Diadang ke Jakarta dengan Tumpeng
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Surabaya: Warga Surabaya, Jawa Timur, diminta tak ke mana-mana saat maulid Nabi Muhammad. Apalagi, kalau mereka sampai ikut aksi Bela Islam Jilid III di Jakarta, 2 Desember 2016.

"Ngapain ke Jakarta," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya, Kamis (24/11/2016). 

Risma ingin warganya merayakan maulid Nabi Muhammad dengan menggelar tasyakuran nasi tumpeng. "Kalau semua berangkat ke Jakarta, terus siapa yang akan makan tumpeng begitu banyak? Mending sama saya muludan di Surabaya," ujarnya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya itu enggan berkomentar banyak terkait rencana aksi Bela Islam Jilid III itu. Menurutnya, persoalan Jakarta sudah ditangani penegak hukum.

Terkait rencana aksi itu, Risma mengaku akan berkomunikasi dengan para ulama yang ada di Surabaya. "Nanti saya akan komunikasi dulu dengan para ulama, biar warga Surabaya tak ke Jakarta," ujarnya.

Aksi 2 Desember 2016 mendatang adalah aksi lanjutan yang dilakukan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) bersama organisasi masyarakat lain. Aksi akan dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan M.H. Thamrin, dan berpusat di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta.

Tujuan aksi meminta kepolisian menahan tersangka kasus dugaan penistaan agama Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok ditetapkan sebagai tersangka pada 16 November lalu.

 


(UWA)