Perfilman Penyumbang PDB Terbesar Kedua Indonesia

Daviq Umar Al Faruq    •    Jumat, 30 Mar 2018 01:44 WIB
industri kreatif
Perfilman Penyumbang PDB Terbesar Kedua Indonesia
Kepala Bekraf RI Triawan Munaf dan Rektor UMM Fauzan menandatangani MoU, Kamis 29 Maret 2018, dok: Humas UMM

Malang: Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf) RI Triawan Munaf mengatakan industri perfilman di Indonesia harus terus berbenah. Sebab, sektor perfilman adalah penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar kedua di Indonesia.

Triawan mengatakan salah satu upaya yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan menggandeng para sineas muda. Sebab, peminat terbesar perfilman Indonesia saat ini adalah para remaja.

“Anak muda yang sekarang berkarya dalam bidang perfilman sangat banyak. Dan karya mereka juga sudah mulai diperhitungkan,” katanya saat menghadiri kuliah umum Ekonomi Kreatif di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis 29 Maret 2018.

Triawan juga menambahkan peluang mahasiswa untuk berkiprah dalam bidang ekonomi kreatif sangatlah besar. Keberadaan mereka bahkan mendominasi penciptaan produk-produk kreatif saat ini.

“Saya bangga dan Bekraf sangat siap dalam mendampingi,” ucap ayah kandung artis papan atas Sherina Munaf ini.

UMM memang telah menjadi salah satu pionir perfilman di Malang. Berbagai karya dan cinemas muda lahir dari kampus putih ini. Bahkan, Eagle Awards juga beberapa kali digelar di UMM.

Eagle Awards adalah ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Metro TV bagi insan perfilman Indonesia, terutama generasi muda (mahasiswa), yang mengkhususkan pada film dokumenter.

Sementara itu, Rektor UMM Fauzan mengaku banyak mahasiswa UMM yang telah memiliki karya dan siap dijadikan produk ekonomi kreatif.

"Belakangan ini sudah banyak mahasiswa UMM yang memiliki produk-produk kreatif,” pungkasnya.

Selain kuliah umum, Bekraf RI bersama UMM juga mensepakati sebuah kerjasama untuk mendukung program dan produk kreatif ciptaan mahasiswa UMM. Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).


(RRN)