Akbar Tanjung Sarankan Golkar Perhatikan Opini Publik

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 11 Apr 2018 11:24 WIB
pilpres 2019
Akbar Tanjung Sarankan Golkar Perhatikan Opini Publik
Wakil Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung. (Medcom.id/Daviq Umar)

Malang: Golkar harus lebih memperhatikan opini publik. Sebab, dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019, rakyat yang bakal menentukan pilihannya.

"Opini publik patut menjadi perhatian bagi Golkar untuk menyiapkan kader-kader yang memiliki elektabilitas kuat untuk dipilih. Sebab, masyarakat saat ini semakin kritis dalam menentukan pilihan," kata Wakil Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung, di Simposium Nasional HMI, Malang, Jawa Timur, Selasa, 10 April 2018.

Upaya tersebut harus dilakukan karena pada rapat kerja nasional (rakernas) sebelumnya, Golkar menargetkan 110 kursi di legislatif. Target tersebut berada di atas hasil Pileg 2009 dan 2014. 

"Tahun 2014, Golkar 91 kursi dan 2009 sebanyak 106 kursi. Bila target 110 kursi dapat dicapai, maka peluang menang akan terbuka," bebernya.

Akbar menilai Golkar harus memiliki paradigma baru untuk mencapai target tersebut. Yakni, Golkar yang mandiri, Golkar yang proreformasi dan prodemokrasi serta Golkar yang harus memperhatikan aspirasi masyarakat.

"Ketiga hal itu yang selalu saya sampaikan kepada ketua umum partai setelah era saya agar menjadi pegangan untuk menentukan elektibilitas calon di mata publik," ujarnya.

Mantan ketua DPR Ri ini pun menyampaikan kader Golkar harus memahami tema-tema penting, mulai dari Golkar Bersih, Golkar Bangkit, Golkar Maju, dan Golkar Menang. Sehingga diharapkan Golkar dapat meraih kenaikan perolehan suara dibanding pileg sebelumnya.

"Pesan saya kepada internal Golkar untuk mempersiapkam calon-calon yang dapat memberikan efek kenaikan suara karena kita sejak awal konsisten mendukung Jokowi," pungkasnya.


(LDS)