Tol Pandaan-Malang Bisa Digunakan Saat Musim Mudik

Daviq Umar Al Faruq    •    Sabtu, 02 Jun 2018 06:23 WIB
Mudik Lebaran 2018
Tol Pandaan-Malang Bisa Digunakan Saat Musim Mudik
Ilustrasi. Antara/Adhitya Hendra.

Malang: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono memastikan proyek jalan tol Pandaan-Malang di Jawa Timur bisa beroperasi saat musim mudik lebaran 2018. Hal ini diutarakannya saat menghadiri Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya, Jumat, 1 Juni 2018.

"Tadi saya coba lewat jalan tol Pandaan-Malang saat perjalanan dari Surabaya ke Malang. Jalan tol ini sebagian bisa dimanfaatkan untuk mudik," kata Basuki.

Jalan tol sepanjang 38,488 kilometer ini diharapkan bisa menjadi solusi atas tingginya volume kendaraan dari Surabaya-Malang. Utamanya, saat musim mudik lebaran.

Dengan adanya jalan tol Pandaan-Malang, kata Basuki, pengendara bisa menghemat waktu tempuh perjalanan Surabaya-Malang hingga dua jam. Saat ini, perjalanan Surabaya-Malang rerata memakan waktu 3,5 jam lantaran jalan arteri yang menghubungkan Surabaya dengan Malang sangat padat.

"Untuk mudik nanti ada beberapa jalan fungsional yang bisa digunakan. Terutama untuk menghindari kemacetan di Singosari, Malang," bebernya.

Pembangunan proyek jalan tol Pandaan-Malang ini menerapkan beberapa inovasi, seperti alat water channel paver machine untuk membuat saluran samping dan road barrier paver machine untuk membuat concrete barrier. Inovasi ini diklaim bisa menghemat biaya dan waktu, serta meningkatkan aspek mutu dan keselamatan.

"Bulan September mendatang jalan tol ini diharapkan sudah bisa diresmikan," pungkasnya.


(AGA)