Gus Ipul - Puti Yakin Menang

Amaluddin    •    Rabu, 04 Apr 2018 15:35 WIB
pilgub jatim 2018
Gus Ipul - Puti Yakin Menang
Pasangan cagub Gus Ipul dan cawagub Puti Soekarno menunjukkan nomor urut 2 dalam rapat pleno KPU Jatim, Ant - Zabur Karuru

Surabaya: Saifullah Yusuf atau Gus Ipul optimistis memenangka Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Keyakinan Gus Ipul mengacu pada hasil survei IndoBarometer yang menempatkan pasangan Gus Ipul - Puti Soekarno unggul dari lawan mereka, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak.

Gus Ipul mengatakan hasil survei, yang diumumkan pada Selasa 3 April 2018, menunjukkan ia dan Puti berpeluang meraih 45,2 persen suara. Sedangkan pasangan lawan meraih 39,5 persen.

"Selisihnya tipis 5,7 persen tapi di atas margin error. Dari survei itu, kami mendapat banyak bahan evaluasi, semacam feedback," kata Gus Ipul di Surabaya, Rabu, 4 April 2018.

Gus Ipul mengaku mesin partai pendukung terus bergerak. Mesin itu berasal dari PKB, PDI Perjuangan, PKS, dan Gerindra.

"Sejak pendaftaran di KPU Jatim pada 10 Januari, kami bergerak aktif. Mulai dari parpol pengusung, relawan dan unsur-unsur masyarakat juga aktif membangun dukungan," katanya.

Gus Ipul meyakini dukungan dari masyarakat terus meningkat. Ia dan tim kini berjuang menarik perhatian 15,3 persen responden yang belum menentukan pilihan di Pilgub Jatim.

Pasangannya, Puti, menyambut positif hasil survei tersebut. Hasil survei, kata Puti, menjadi masukan yang positif di balik fakta masyarakat Jatim.

"Misalnya, kebutuhan lapangan kerja yang prosentasenya sangat tinggi yaitu 27,5 persen. Jadi di pilkada ini, kontestasi ide berlangsung untuk mengatasi isu tersebut. Gus Ipul dan sata telah menyusun berbagai program untuk kebijakan mendatang," ungkap Puti.

Puti juga bersyukur, kepuasan masyarakat atas kinerja Gus Ipul mencapai tinggi, yakni 76,5 persen. "Itu menunjukkan yang dilakukan Gus Ipul dua periode mendampingi Gubernur Soekarwo, dirasakan manfaatnya oleh rakyat Jatim, sehingga mendapat respon positif,” kata Puti.


(RRN)