KA Jalur Selatan Siap untuk Mudik Lebaran 2018

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 12 Apr 2018 18:02 WIB
Mudik Lebaran 2018
KA Jalur Selatan Siap untuk Mudik Lebaran 2018
Kereta Api (KA) Argo Wilis relasi Surabaya-Bandung melintas di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur. (ANT/Siswowidodo)

Sidoarjo: Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro memprediksi ketersediaan kereta api untuk mudik Lebaran 2018 meningkat empat persen. Dia memastikan jalur KA siap untuk mudik Lebaran 2018.

"Sejauh ini, khususnya jalur selatan sudah siap dioperasikan untuk mudik lebaran," ujar Edi Sukmoro saat menyidak jalur KA Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 12 April 2018. 

Dia menuturkan, banyak hal yang dilakukan untuk mempersiapkan mudik Lebaran 2018. Salah satunya, dengan mengetahui titik rawan jalur kereta hingga penanganannya. 

"Kepala Daop masing -masing kami minta mempresentasikan, di mana titik rawannya, dan bagaimana bentuk penanggulangannya. Barulah kita cek satu per satu di masing-masing daerah," jelasnya.

Pengecekan dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan, seperti kecelakaan terjadi. Sementara itu, untuk kerawanan jalur kereta ada beberapa faktor salah satunya faktor alam, seperti longsor, banjir, dan amblas. 

"Termasuk antisipasi adanya pelemparan," tambah dia. 

Selain itu, PT KAI juga tengah fokus pada lintasan resmi dan lintasan liar atau tak berpalang. Edi mengatakan, bakal menyiapkan petugas ekstra dari masing-masing Daop. 

"Dia akan menjaga setiap perlintasan, terutama perlintasan yang tidak memilki palang pintu. Dan memastikan jalur kereta api aman untuk dilalui," ujarnya.

Dia mengungkap, bakal menambah 40 kereta untuk menjamin ketersediaan selama mudik Lebaran 2018. Dengan begitu, diharapkan mudik Lebaran 2018 bisa lancar. 


(LDS)