Akbar Tanjung: 3 Partai Ikut Dukung Jokowi bila Cak Imin Cawapres

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 11 Apr 2018 12:02 WIB
pilpres 2019
Akbar Tanjung: 3 Partai Ikut Dukung Jokowi bila Cak Imin Cawapres
Wakil Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung. (medcom.id/Daviq Umar)

Malang: Wakil Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung, mengatakan ada tiga partai politik (parpol) yang masih belum menentukan sikap dan mengusung pilihan presiden untuk Pilpres 2019. Yakni  Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Demokrat.

"Bisa jadi sebagian merapat ke Jokowi. Dengan catatan kalau Jokowi mengajak Muhaimin sebagai cawapres," kata Akbar saat ditemui di Simposium Nasional HMI, Malang, Jawa Timur, Selasa, 10 April 2018.

Namun, Akbar mengungkapkan soal Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menjadi calon wakil presiden (cawapres) itu baru asumsi. Kelak akan mengerucut.

"Mungkin pada Juli atau Agustus mendatang. Ya, seperti ini dinamika dalam politik," bebernya.

Mantan Ketua DPR RI ini menjelaskan suasana politik di Indonesia akan meningkat frekuensinya jelang pemilu. Sebab, masing-masing parpol mempunyai kepentingan sendiri untuk mempersiapkan calonnya.

"Kalau yang resmi mencalonkan Jokowi sebagai presiden ada lima parpol, yakni PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura," ungkapnya.

Akbar memperkirakan, lawan dari Jokowi nantinya adalah calon yang akan diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. Sebab, dari sisi persyaratan dan keabsahan, kedua partai ini boleh mengusung calon presiden.

"Kedua partai ini arahnya berkoalisi. Mereka mendapatkan dukungan fungsi DPR sebanyak 113 kursi. Kan syarat minimalnya 112 kursi," tutupnya.


(LDS)