Saat Daerahnya Banjir, Kepala Desa Justru ke Bali

Nurul Hidayat    •    Sabtu, 26 Nov 2016 11:45 WIB
banjir
Saat Daerahnya Banjir, Kepala Desa Justru ke Bali
Banjir melanda di Kawasan Kebondalem, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jumat malam 25 November 2016. Foto-foto: Metrotvnews.com/Nurul

Metrotvnews.com, Jombang: Banjir melanda Dusun Kebondalem, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di saat tragedi itu terjadi, warga justru merasa ditinggalkan pengurus desa setempat.

"Baru berangkat siang tadi (kemarin) dengan tujuan Bali. Mulai dari kepala desa hingga perangkatnya," kata salah satu warga warga yang meminta namanya tidak dipublulikasikan, saat ditemui Metrotvnews.com, Jumat malam (25/11/2016).

Keluhan warga ini mengemuka karena aparatur desa lamban menangani bencana banjir. Warga sempat mengirimkan pesan singkat ke Kepala Desa Kademangan, Hendro Wahyuadi.

"Beliau menjawab, semoga banjirnya tak besar," kata warga itu.



Hujan deras mengguyur Kabupaten Jombang sejak Jumat siang. Banjir mulai terjadi malam harinya. Sebanyak 365 kepala keluarga di Dusun Kebondalem dan Dusun Kepunden, Desa Kademangan, terdampak bencana ini. Ketinggian air antara 50 sentimeter hingga 1,5 meter.

Banjir Terjadi di 7 Kecamatan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang mendata ada tujuh kecamatan di Kabupaten Jombang yang mengalami banjir dan longsor. Keenam kecamatan itu antara lain Kecamatan Wonosalam, Bareng, Mojowarno, Mojoagung, Sumobito, Kesamben, dan Jombang. 

"Wonosalam dan Bareng masuk status siaga bencana longsor, mengingat kawasan itu terletak di lereng Gunung Arjuna," ujar Kepala BPBD Kabupaten Jombang, Nur Huda. Sabtu (25/11/2016).

Sedangkan untuk kawasan siaga banjir, kata Nur Huda, terdapat di Mojowarno, Mojoagung, Sumobito, dan Jombang.

Nur Huda mengimbau masyarakat waspada dan berhati-hati. "Jika ada hujan dengan intesitas tinggi dan lama, hendaknya masyarakat lebih siaga, mengingat puncak musim hujan baru terjadi Januari nanti," kata dia.


(UWA)