Risma: Menkeu Bilang Pemerintah tak Punya Uang untuk Trem

Amaluddin    •    Kamis, 24 Nov 2016 14:13 WIB
transportasi
Risma: Menkeu Bilang Pemerintah tak Punya Uang untuk Trem
Sebuah trem melintas di Hong Kong, Ant - Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Surabaya: Rencana Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerapkan moda transportasi angkutan massal di Surabaya, Jawa Timur, mengalami kendala. Sebab, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah pusat tidak punya uang untuk pengadaan trem di Surabaua.

Perempuan yang akrab disapa Risma itu mengaku bertemu dengan Menkeu di Belanda beberapa waktu lalu. Risma kemudian menanyakan dana pengadaan trem pada Menkeu.

"Beliau (Menkeu) bilang enggak ada uang," kata Risma menirukan jawaban Menkeu itu.

Risma juga menanyakan soal dana pinjaman dari Jerman sebesar Rp1,5 triliun. Namun, lanjut Risma yang ditemui di Surabaya, Kamis 24 November itu, Menkeu tak banyak berkomentar.

"Tak lihat dulu, Bu Risma. Begitu kata Menkeu," ujar Risma.

Meski demikian, Wali Kota perempuan pertama di Surabaya itu, optimistis pembangunan trem di wilayahnya tidak akan batal. Sebab, menurutnya, pembangunan trem tidak butuh biaya mahal. "Enggak pesimis. Kita lihat saja nanti," lanjut Risma.

Risma bertekad merealisasikan proyek trem di Surabaya pada 2017. Ia mendorong pemerintah pusat untuk membantu pendanaan proyek. Hanya saja pemerintah pusat masih belum menentukan sikap.

Risma mengaku mendapat undangan rapat di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Agenda rapat yaitu membahas rancangan Peraturan Presiden tentang percepatan penyelenggaraan trem di Surabaya. Risma berharap hasil rapat menjadi kabar baik untuk Surabaya.


(RRN)