Banjir Terjang Dua Desa di Bojonegoro

Muhammad Yakub    •    Kamis, 17 Nov 2016 10:25 WIB
banjir
Banjir Terjang Dua Desa di Bojonegoro
Foto ilustrasi. (Ant/Idhad Zakaria)

Metrotvnews.com, Bojonegoro: Sedikitnya 23 rumah di dua desa di Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diterjang banjir.

Banjir dipicu hujan lebat hingga menyebabkan meluapnya Kali Pacal. Ketinggian air di rumah warga dengan mencapai 30 sentimeter.

Banjir diperparah dengan ambrolnya cekdam di kawasan setempat. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam kejadian ini.

Sedangkan, kerugian materi masih dalam pendataan. Kedua desa yang tergenang banjir bercampur lumpur itu Dusun Lor Kali, Desa Gondang dan Dusun Kaliasin, Desa Sambongrejo.

Camat Gondang Kun Sucahyono mengatakan, banjir dipicu hujan deras dengan intensitas lama. Hujan deras mulai pukul 12.30 WIB kemudian berhenti.

Namun hujan deras kembali turun lagi pada pukul 16.00-16.30 WIB. Akibatnya, sejak semalam air sungai melimpas ke rumah penduduk.

“Air mulai membanjiri jalan paving di Dusun Lor Kali dan semakin meningkat hingga masuk perumahan penduduk,” ungkapnya, dikutip Media Indonesia, Kamis (17/11/2016). Tinggi genangan, lanjut dia, bervariasi berkisar antraa 10-30 cm.

Namun, banjir tidak berlangsung lama. Banjir kemudian surut terutama, setelah hujan mereda pada pukul 19.00 WIB. Soal kerugian materi hingga saat ini masih dalam pendataan. “Tidak ada korban jiwa maupun ternak," katanya.


(SAN)