Sungai di Bawah Jembatan Rel di Sidoarjo Menyempit

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 19 Oct 2016 16:25 WIB
sungai
Sungai di Bawah Jembatan Rel di Sidoarjo Menyempit
Anggota DPRD Sidoarjo sidak sungai yang menyempit, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Sungai di Kecamatan Taman Sidoarjo, Jawa Timur, menyempit dan berujung banjir. Sungai berlokasi di bawah jembatan rel kereta api.

Temuan itu didapat saat pemerintah kabupaten dan DPRD Sidoarjo mendatangi Desa Bringinbendo, Kecamatan Taman Sidoarjo, Rabu 19 Oktober. Beberapa waktu lalu, banjir merendam rumah dan jalan raya di desa tersebut.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo, Juanasari, mengatakan Sungai Merr mengalir ke Sungai Buntung. Semula, sungai memiliki lebar empat meter. Tapi sekarang lebarnya hanya dua meter.

"Akibatnya, air sungai tak mengalir lancar," kata Juanasari.

Juanasari meminta pemerintah kabupaten melebarkan dan menormalisasi sungai. Ia berharap pemerintah melakukan itu secepatnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, Fatkhur Rahman, memprioritaskan normalisasi Sungai Buntung dan Sidokare pada 2017. Pemkab juga akan menambah rumah pompa.

"Penambahan pompa juga akan dilakukan. Terutama didekat pintu air desa Sambibulu kecamatan Taman. Dan saat ini sudah dibangun. Dan kawasan lainnya, juga akan menyusul," kata Fathkhur Rahman. 

Untuk merealisasikan itu, pemerintah berencana mengajukan dana ke Pemerintah Pusat untuk pembelian tiga Dam berukuran besar. Nilai satu dam diperkirakan mencapai Rp150 miliar. 

"Dam itu akan kita tempatkan di bawah Jembatan Waru, Sidokare dan Penatar Sewu, Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Penambahan dam itu untuk menangani dan mencegah banjir susulan," tandasnya.


(RRN)