Vigit Waluyo Bongkar Modus Mafia Bola di Indonesia

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 24 Jan 2019 19:48 WIB
Pengaturan Skor Sepak Bola
Vigit Waluyo Bongkar Modus Mafia Bola di Indonesia
Vigit Waluyo bersama Kuasa Hukumnya M. Sholeh saat di Mapolda Jatim. Medcom.id/Syaikhul Hadi

Surabaya: Pemeriksaan perdana Vigit Waluyo berkaitan dengan keterlibatannya dalam pengaturan skor dan pengaturan pertandingan di kompetisi Liga 2. Di hadapan penyidik, Vigit juga blak-blakan terkait modus yang digunakan mafia bola tanah air.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap salah satu tersangka (Dwi Irianto) atas keterlibatan yang bersangkutan atas pengaturan skor dan pengaturan pertandingan bola yang dikelola PSSI dan PT Liga," ujar Wakil Kepala Satgas Anti Mafia Bola Brigjen Krishna Murti saat di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis, 24 Januari 2019.

Pengaturan skor dan pengaturan pertandingan diatur kebutuhan klub-klub yang berusaha bertahan dalam dunia persepakbolaan sejak di Liga 1. Bahkan menurut pengakuan Vigit, hampir semua klub Liga 1 dan Liga 2 terlibat.

"Katanya sih hampir semua, termasuk yang mengatur siapa yang juara di tahun ini. Yaitu diatur orang-orang," ujarnya.

Ditanya nama orang yang dimaksud, Vigit enggan berkomentar. Ia justru berharap pertanyaan tersebut ditanyakan langsung ke pengurus PSSI. Sebab, organisasi tersebut yang dari awal menyusun jadwal dan memberikan penugasan wasit.

"Jawaban itu seharusnya dijawab dari PSSI sendiri. Karena dalam penjadwalan itu tampak sekali siapa yang bertanding di awal dan bertanding terakhir. Itu biasanya mereka yang didukung untuk berprestasi lebih baik," ujar Vigit singkat.

Satgas Anti Mafia Bola melakukan pemeriksaan perdana terhadap Vigit Waluyo. Vigit dijemput di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Sidoarjo setelah mengirimkan surat ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Dirjen Pemasyarakatan.

Di samping pengaturan skor bola, Vigit lebih dulu terjerat kasus dugaan Korupsi dana Pinjaman PDAM Delta Tirta Sidoarjo dan dijebloskan ke dalam Lapas Sidoarjo.


(SUR)