Soekarwo Optimistis Cawagub Pendamping Khofifah dari Demokrat

Amaluddin    •    Selasa, 31 Oct 2017 18:44 WIB
pilgub jatim 2018
Soekarwo Optimistis Cawagub Pendamping Khofifah dari Demokrat
ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo.

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua DPD Parta Demokrat Jawa Timur, Soekarwo, optimistis calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jatim berasal dari partainya. Sebab, kata dia, Demokrat memiliki banyak kursi di banding parpol pengusung lainnya.

"Untuk posisi pendampingnya Bu Khofifah, yang pasti dari partai yang suara dan kursinya lebih banyak, yaitu Demokrat," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di Surabaya, Selasa, 31 Oktober 2017.

Pakde Karwo mengatakan, ada lima figur yang ia siapkan untuk menjadi cawagubnya Khofifah. Yaitu Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak, Kepala BLUD RSUD dr Soetomo Harsono, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Heru Tjahjono, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Namun dari kelima nama itu, hanya AHY yang merupakan kader Demokrat. Sedangkan empat nama sisanya adalah tokoh eksternal Demorkat. Karena itu, kata dia, jika salah satu dari empat nama itu terpilih sebagai cawagubnya Khofifah, harus memiliki kartu tanda anggota (KTA) Demokrat.

"Karena itu merupakan aturan dan mekanisme Demokrat. Jadi nanti bakal cawagubnya (pendamoing Khofifah, red) dari Demokrat," ujarnya.

Selain Partai NasDem (4 kursi) dan Golkar (11 kursi), Demokrat (13 kursi) juga telah memutuskan untuk mendukung Khofifah pada Pilgub Jatim 2018 mendatang. Itu artinya, Khofifah telah mengantongi 28 kursi, melebihi cukup syarat untuk maju Pilgub Jatim.

"Mungkin nanti kemungkinan PPP juga akan gabung (dukung Khofifah, red)," kata Pakde Karwo.


(ALB)