PAN, Gerindra, dan PKS Bentuk Poros Tengah di Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Selasa, 24 Oct 2017 19:09 WIB
pilgub jatim 2018
PAN, Gerindra, dan PKS Bentuk Poros Tengah di Pilgub Jatim
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Konstelasi politik jelang Pilgub Jawa Timur 2018 terus bergulir. Yang terbaru, tiga partai politik yaitu PAN, Gerindra, dan PKS akan membentuk poros tengah untuk mengusung pasangan cagub-cawagub di Pilgub Jatim.

"Itu dilakukan karena kuota kursi kami di parlemen tidak cukup, sehingga harus koalisi dengan partai lain," kata Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN Jawa Timur, Fachrudin, Selasa 24 Oktober 2017.

Berdasarkan perolehan suara kursi di DPRD Jatim, PAN mempunyai 7 kursi, Gerindra 13 kursi, dan PKS 6 kursi. Jumlah kursi tiga parpol tersebut sudah cukup untuk mengusung pasangan cagub-cawagub Jatim. 

"Itulah kenapa kami membuka koalisi dengan partai lainnya," ujarnya.

Dalam koalisi poros tengah itu, lanjut Fachrudin, PAN punya calon prioritas yang akan diusung yakni Bupati Bojonegoro Suyoto, dan Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk. Sejumlah nama di luar kader PAN juga dipertimbangkan, salah satunya Bupati Trenggalek Emil Dardak.

"Kami realistis dengan kursi yang kami miliki. Jika Gerindra mengusulkan nama Emil Dardak, nama prioritas kami adalah Masfuk/Suyoto," katanya.

Fachrudin menganggap Bupati Trenggalek Emil Dardak sangat tepat berpasangan dengan Bupati Bojonegoro. "Alasannya, karena Jatim butuh figur muda yang mumpuni serta agresif untuk membuat provinsi itu semakin maju," kata dia.


(ALB)