BPCB Jatim Teliti Sejarah Situs Purbakala di Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 08 Feb 2018 13:06 WIB
purbakalasitus sejarah
BPCB Jatim Teliti Sejarah Situs Purbakala di Sidoarjo
Lokasi penemuan situs purbakala diduga berasal dari zaman Majapahit. (Medcom.id/Syaikhul Hadi)

Sidoarjo: Penemuan susunan batu bata yang diduga sebagai situs purbakala di Desa Kedung Bocok, Kecamatan Tarik, Sidoarjo, Jawa Timur, menarik minat masyarkat. Warga berbondong-bondong ke lokasi untuk melihat. 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Sidoarjo, Djoko Supriyadi, menyebut sedang menunggu hasil dari Balai pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim terkait informasi lengkap situs tersebut. Menurutnya, situs tersebut bisa menjadi bahan belajar para siswa dan dijadikan objek wisata. 

"Kami sangat menyambut baik atas temuan ini, mudah-mudah bisa dijadikan objek wisata yang baru," kata Djoko, Kamis, 8 Februari 2018. 

Baca: Warga Sidoarjo Tak Sengaja Temukan Situs Sejarah

Sementara itu, salah satu warga Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Alfan, 34, yang berada di sekitar situs mengaku sengaja datang untuk mengobati rasa penasaran setelah informasi penemuan situs viral di media sosial. 

"Ingin tahu saja dan ingin memastikan apakah benar ada penemuan situs peninggalan Majapahit," kata Alfan.

Menurutnya, peninggalan zaman bersejarah wajib dijaga dan dilestarikan agar tidak disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab. Selain itu, menurut Alfan, penemuan situs tersebut bisa menjadi bahan pendidikan.

"Supaya keberadaanya bisa dijaga dan dilestarikan. Sehingga apa yang sudah ditemukan di wilayah ini bisa digunakan sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak yang ada dikabupaten Sidoarjo maupun daerah lain. Terutama mengenalkan sejarah kepada mereka," harapnya. 



(LDS)