Peserta JKN/KIS Bisa Manfaatkan Layanan Kesehatan di Tempat Mudik

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 15 Jun 2017 15:45 WIB
mudik lebaran 2017
Peserta JKN/KIS Bisa Manfaatkan Layanan Kesehatan di Tempat Mudik
BPJS kesehatan, Ant

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Badan Pelayanan Jaminan Sosial menerapkan kebijakan khusus dalam prosedur pelayanan. Peserta Jaminan Kesehatan Nasional/Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS) bisa mendapatkan pelayanan kesehatan saat mudik lebaran. 

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, dr. Hesty Yuniarti, peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS kesehatan setempat. Sehingga peserta JKN-KIS yang hendak mudik lebaran untuk selalu membawa kartu JKN-KIS. 

"Baik Askes, KIS, BPJS kesehatan, KHAS, maupun Jamkesmas," papar Hesty dalam konferensi pers di kantornya di Jalan Pahlawan Sidoarjo, Kamis 15 Juni 2017. 

Jadi, peserta dapat menggunakan JKN-KIS jika dalam kondisi emergency maupun non emergency bisa langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat. Tentunya rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS kesehatan. Penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut akan diberlakukan sejak 19 Juni hingga 2 Juli mendatang.

"Pelayanan ini hanya berlaku bagi peserta yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif," jelasnya.

Meski begitu, tak perlu khawatir bagi warga masyarakat yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan. Pihaknya sudah menyediakan posko yang tersebar di 8 titik di Indonesia. Diantaranya, Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno-Hatta, Pelabuhan Gilimanuk, serta Pelabuhan Merak Banten. 

"Di posko sudah tersedia pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga program sosialisasi jaminan kesehatan bagi pemudik," jelasnya. 

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan, BPJS juga telah menyediakan Aplikasi Mudik BPJS kesehatan yang bisa didownload secara gratis melalui Google play'. Dalam aplikasi tersebut, sudah tersedia Telepon penting, alamat kantor BPJS kesehatan terdekat, fasilitas kemitraan BPJS, tanya jawab dan seputar informasi lainnya. 

"Selama liburan, masyarakat juga bisa menghubungi BPJS kesehatan Care Center 1500400 untuk melakukan pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS, pengaduan, konsultasi kesehatan dan lain-lain," tandasnya. 


(RRN)