TKI Selundupkan 745 Gram Sabu dari Malaysia

Syaikhul Hadi    •    Senin, 16 Oct 2017 13:45 WIB
narkobasabu
TKI Selundupkan 745 Gram Sabu dari Malaysia
etugas kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) menangkap seoran pemuda di Bandara juanda.

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Petugas Bandara Juanda menangkap salah seorang penumpang pesawat Air Asia XT 327 rute Kuala Lumpur-Surabaya di Terminal II Bandara International Juanda Surabaya. Pelaku, Amank Santoso, 26 asal Bangkalan, Madura ditangkap karena kedapatan membawa narkoba jenis sabu seberat 745 gram yang disimpan dalam kardus pemanas air (air pot).

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Juanda, Mochamad Mulyono mengatakan, penangkapan berawal dari kecurigaan petugas Bandara Juanda terhadap barang bawaan penumpang yang hendak diturunkan dari bagasi pesawat. kemudian petugas mencari pemilik barang tersebut.

"Setelah diketahui pemiliknya, petugas memanggil pemilik untuk dilakukan pemeriksaan mendalam," ujar Mulyono di kantor KPPBC Juanda, Senin, 16 Oktober 2017.

Dari pemeriksaan mesin X-Ray, petugas melihat tanda-tanda tak wajar yang tersimpan di dalam kardus. Akhirnya petugas melakukan pemeriksaan dengan membuka isi kardus. Hasilnya, ditemukan empat bungkus plastik berwarna hitam berisi serbuk putih.

"Setelah dilakukan uji laboratorium (Narcotest), hasilnya positif  mengandung Methampethamine alias sabu. Dari keempat bungkus tersebut jumlahnya mencapai 745 gram," jelasnya.

Menurutnya, sabu yang dibawa dari Malaysia tersebut hendak disebarkan ke wilayah Jatim. Saat ini tersangka diserahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim untuk dilakukan pengembangan.

Akibat perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan pasal 113 ayat 1 dan 2 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp10 miliar. 


(ALB)