Ponorogo Banjir Setelah Diguyur Hujan Deras

Amaluddin    •    Minggu, 04 Mar 2018 18:42 WIB
banjirbencana banjir
Ponorogo Banjir Setelah Diguyur Hujan Deras
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Surabaya: Sejumlah wilayah di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terendam banjir akibat diguyur hujan deras sejak Sabtu, 3 Maret 2018, malam. Daerah yang tergenang banjir di antaranya Desa Campurejo dan Desa Bulu, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo.

"Hujannya bukan hanya tadi malam saja yang deras, sampai hari ini juga masih hujan. Sehingga debit air terus meningkat," kata Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, dikonfirmasi, Minggu, 4 Maret 2018.

Debit air Sungai Ngadisanan di Desa Mangguan Kecamatan Sambit terus meningkat akibat hujan yang tak berhenti semalama. Bahkan tanggul di bibir sungai jebol, karena tidak mampu menahan tingginya debit air.

"Jebol hingga mencapai 100 meter, dan air langsung meluber ke permukiman warga," katanya.

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga merendam puluhan hektare sawah. Tanaman yang terdampak terancam gagal panen.

BPBD Ponorogo belum memiliki data lengkap warga terdampak. Namun, petugas mendapat laporan banjir terjadi di sejumlah dusun."Kami masih mendata, namun akibat banjir ini tidak ada korban jiwa. Sore ini air mulai surut meski beberapa wilayah masih banjir," ujarnya.

 


(SUR)