400 Personel Gabungan Siap Amankan Arus Mudik dan Balik di Sumenep

Rahmatullah    •    Senin, 19 Jun 2017 12:24 WIB
mudik lebaran 2017
400 Personel Gabungan Siap Amankan Arus Mudik dan Balik di Sumenep
Kapolres Sumenep AKBP H. Joseph Ananta Pinora memantau persiapan personel pengamanan arus mudik dan balik Lebaran -- MTVN/Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Sebanyak 400 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Petugas yang tergabung dalam Operasi Ramdniya Semeru 2017 ini terdiri dari personel polisi, TNI, Satpol PP, Syahbandar, dan Dishub Sumenep.

Kapolres Sumenep AKBP H. Joseph Ananta Pinora menjelaskan, transportasi laut menjadi atensi khusus pada mudik dan balik Lebaran kali ini karena berkaitan dengan keselamatan pelayaran. "Yang perlu kita waspadai untuk transportasi laut adalah ketika embarkasi dan debarkasi," terangnya usai memimpin gelar pasukan di halaman Mapolres Sumenep, Jalan Urip Sumoharjo, Sumenep, Jatim, Senin 19 Juni 2017.

(Baca: Khawatir Cuaca Buruk, Warga Mudik Lebih Cepat)

Menurut Joseph, akan ada tim khusus yang bertugas memantau embarkasi dan debarkasi di pelabuhan. Tim ini ditugaskan menjaga keamanan pemudik, baik jiwa maupun barang bawaan.

"Kita perlu waspadai ketika pemudik turun dari kapal dalam keadaan capek. Kita imbau pemudik agar waspada, barang yang dibawa jangan sampai dicuri orang. Kejahatan konvensional seperti itu yang harus kita cegah," terangnya.

(Baca: Khawatir tak Bisa Mudik, Penumpang Nekat Naik ke Atap Kapal)

Pelabuhan yang menjadi titik fokus adalah Pelabuhan Kalianget, Dungkek, dan Pelabuhan Saronggi. Akan ada pos pengamanan di empat lokasi dan pos pelayanan di dua lokasi.

Tiap pos akan dijaga 12 personel. Di pos tersebut juga telah disediakan nomor telepon petugas yang bisa dihubungi pemudik jika mengalami masalah.

Sementara, untuk transportasi di daratan, Joseph meyakinkan jika personelnya bisa menekan angka kecelakaan.


(NIN)