Kepala Dinas Kebersihan Sidoarjo Akui Tiga Sungai Tercemar Sampah Popok

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 25 Jul 2017 18:58 WIB
lingkungan
Kepala Dinas Kebersihan Sidoarjo Akui Tiga Sungai Tercemar Sampah Popok
Ecoton tunjukkan sampah popok yang dibuang ke sungai ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Tiga sungai di Sidoarjo, Jawa Timur, tercemar sampah plastik dan popok bayi. Pencemaran lingkungan itu dampak dari kebiasaan warga membuang sampah di sungai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, Bahrul Amiq, mengapresiasi sejumlah aktivis membersihkan tiga sungai di kabupaten tersebut. Aktivis juga membawa sampah popok bayi yang dipungut dari tiga sungai ke Kantor DLHK Sidoarjo.

"Ini merupakan kondisi riil di sungai kita," kata Bahrul di kantornya, Selasa 25 Juli 2017.

Bahrul mengingatkan warga untuk lebih menjaga lingkungan, termasuk sungai. Menurut Bahrul, kebersihan sungai bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Tapi masyarakat pun perlu menyadari kebersihan lingkungan.

Sebelumnya, aktivis Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton) mendatangi Kantor DLH dan Kebersihan Sidoarjo. Aktivis membawa 80 kg popok ke kantor tersebut.

Popok-popok itu didapat saat aktivis membersihkan tiga sungai. Yaitu sungai Kecamatan Balongbendo, Krian, dan Sepanjang Taman.

Sebenarnya, kata Direktur Eksekutif Ecoton Prigi Arisandi, ia dan rekan-rekan menemukan kurang lebih 3 kuintal popok di Kali Pelayaran dan Sidoarjo. Dari seluruh sampah yang ditemukan di tiga sungai itu, 38 persen diantaranya adalah popok bayi.

"Padahal, di hilir sungai itu ada PDAM Tawangsari," kata Prigi.


(RRN)