HUT ke-72 Kemerdekaan RI

20 Bendera Berukuran Raksasa Berkibar di Jombang

Nurul Hidayat    •    Rabu, 16 Aug 2017 10:21 WIB
hut kemerdekaan
20 Bendera Berukuran Raksasa Berkibar di Jombang
Salah satu bendera berukuran raksasa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Sebanyak 20 bendera merah putih berukuran raksasa dikibarkan secara serentak oleh Kodim 0814 Jombang. Bendera dengan panjang 17 meter dan lebar 10 meter itu memanfaatkan menara BTS (Base Transceiver Station) sebagai tiang.

"Ini adalah salah satu cara memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI. Bendera berukuran raksasa ini dikibarkan di seluruh kecamatan di Kabupaten Jombang," kata Dandim 0814 Jombang Letkol Arh Fatkurrohman di Jombang, Jawa Timur, Rabu 16 Agustus 2017.

Salah satu menara BTS yang dijadikan tiang bendera berada di Dusun Geneng, Desa Jombantan, Kecamatan. Dua personel Kodim 0814 Jombang harus memanjat menara setinggi 72 meter untuk mengibarkan sang saka merah putih di puncaknya.

Dibutuhkan waktu 1,5 jam untuk mengibarkan bendera. Menurut Fatkurrohman, pengibaran bendera merah putih tersebut sebagai simbol pemersatu dan kesatuan bangsa agar tetap terjaga dengan baik.

Bendera berkuran raksasa tersebut akan diturunkan pada 31 Agusutus 2017. "Ini sesuai dengan intruksi dari kementrian dan pusat bahwa pengibaran bendera selesai pada 31 Agustus," pungkas Fatkurrohman.


(NIN)