Dinkes Sumenep Antisipasi Hujan Abu Vulkanis

Rahmatullah    •    Jumat, 29 Sep 2017 16:40 WIB
gunung berapierupsi gunungerupsi gunung agung
Dinkes Sumenep Antisipasi Hujan Abu Vulkanis
Kepala Dinkes Sumenep A. Fatoni. Foto: MTVN/ Rahmatullah

Metrotvnews.com, Sumenep: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengantisipasi penyebaran abu vulkanis Gunung Agung, Bali. Satu juta masker disiapkan untuk diberikan cuma-cuma kepada warga jika gunung tersebut benar-benar meletus.

“Jika abunya sampai ke sini, kita sudah antisipasi,” terang Kepala Dinkes Sumenep, A. Fatoni, Jumat 29 September 2017.

Fatoni mengaku sudah mendistribusikan masker gratis itu ke tiap puskesmas yang ada. Termasuk pusat kesehatan di wilayah kepulauan.

Selain itu, Fatoni juga menyiapkan tabung oksigen sebagai antisipasi apabila ada warga menderita sesak napas. Sosialisasi terkait antisipasi abu vulkanis juga gencar dilakukan, terutama di wilayah terdekat Bali seperti Sapeken, Arjasa dan Kangayan.

“Tapi kita berharap gunung itu tidak sampai meletuslah,” pungkas Fatoni.

Pengamat Meteorologi BMKG Kalianget Sumenep, Agus Arif Rahman, mengaku khawatir arah angin berubah. Jika arah angin berubah menjadi datang dari tenggara atau selatan, maka Sumenep dipastikan akan terpapar abu vulkanis.

Kemungkinan abu nanti mencapai peraian Pulau Sapudi, Raas dan Kangean. “Yang akan menerima dampak adalah para nelayan,” jelasnya.

Tapi jika arah angin tetap, Arif yakin abu vulkanis tidak akan sampai di Sumenep. Dia berharap warga tidak perlu risau jika tersebar informasi abu vulkanis akan menghujani kabupaten paling timur Madura ini.


(SUR)