Mulai Besok, Pemkab Malang Gelar Program Jumat Besih

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 14 Sep 2017 16:31 WIB
peduli lingkungan
Mulai Besok, Pemkab Malang Gelar Program Jumat Besih
Bupati Malang Rendra Kresna, MTVN - Aditya

Metrotvnews.com, Malang: Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, mencanangkan program Gerakan Jumat Bersih. Kegiatan itu bertujuan menjaga kebersihan lingkungan di kabupaten tersebut.

Bupati Malang Rendra Kresna mengatakan kegiatan itu dimulai pada Jumat 14 September 2017. Kegiatannya berupa kerja bakti di lingkungan masyarakat.

"Untuk awal, berlaku bagi pemerintahan baik di kabupaten, kecamatan, hingga desa," kata Rendra usai apel memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Stadion Kahuripan, Kabupaten Malang, Kamis 13 September 2017.

Kegiatan itu, lanjut Rendra, bertujuan menyadarkan warga tentang menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Terlebih lagi, pada 2017, Kabupaten Malang mendapatkan tiga penghargaan bergengsi, yaitu Adipura Kirana, Nirwasita Tantra, dan Proklim.

"Penghargaan itu dari Kementerian Linhkungan Hidup dan Kehutanan," lanjut Rendra.

Adipura Kirana merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Malang lantaran mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui Trade, Tourism, and Investment berbasis pengelolaan lingkungan hidup (attractive city). Kali ini merupakan penghargaan ke-10 bagi Malang.

Kabupaten Malang meraih penghargaan Nirwasita Tantra lantaran kepala daerah mampu menerapkan kebijakan untuk membangun dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup. Sedangkan Piala Proklim merupakan anugerah kepada desa yang aktif menangani perubahan iklim. Adalah Desa Rejosari, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang yang sukses mendapatkan penghargaan tersebut.

"Kami juga terus mendorong masyarakat, agar terus berupaya memanfaatkan sampah menjadi barang yang lebih berguna dan bermanfaat," ucap Kepala Dinas LH Kabupaten Malang, Budi Iswoyo.



(RRN)