Sepatu Pengrajin Dolly Dipromosikan di Kalangan Pejabat Surabaya

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Senin, 22 Feb 2016 15:43 WIB
lokalisasi dolly
Sepatu Pengrajin Dolly Dipromosikan di Kalangan Pejabat Surabaya
Pengrajin tengah membuat sepatu di sebuah pabrik yang dulunya wisma prostitusi Dolly di Surabaya, MTVN - MK Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, mempromosikan sepatu hasil tangan warga di kawasan Dolly. Sebagai tahap awal, Wali Kota Tri Rismaharini dan Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana mengenakan sepatu produksi pengrajin Dolly dalam upacara pelantikan sepekan lalu.

Risma dan Whisnu mengenakan sepatu berwarna putih dalam pelantikan. Itulah dua pasang sepatu yang diproduksi pengrajin Dolly dengan dibanderol seharga Rp500 ribu.

Nur Hidayah, pengrajin sepatu di Koperasi Usaha Bersama (KUB) Mampu Jaya, mengatakan promosi sepatu masih di Surabaya. Konsumennya masih kalangan lurah, camat, dan pejabat di Surabaya.

Menurut Nur Hidayah, sepatu yang diproduksi di kawasan itu berbahan kulit sapi Harga satu pasang sepatu berkualitas terbaik yaitu berkisar Rp400 ribu hingga Rp500 ribu. Sementara kualitas KW super seharta Rp100 ribu sampai dengan Rp200 ribu.

"Kalau sepatunya Bu Risma itu kualitasnya baik," kata ibu satu anak itu.

Nur Hidayah mengatakan mendapat bahan kulit sapi dari Magetan. Selain kualitas, warnanya beragam mulai dari putih, cokelat, dan hitam.

Safrina, 42, pengajin lain, mengaku dapat menghasilkan 10 hingga 15 pasang sepatu. Produksinya masih mengandalkan epsanan.

"Alhamdulillah ada pesanan terus terutama dari pejabat Pemkot Surabaya. Harapannya, usaha ini bisa maju terus lebih baik," ujarnya.


(RRN)