Mensos: Istri Bung Tomo Bisa Dapat Gelar Pahlawan

Amaluddin    •    Rabu, 31 Aug 2016 22:41 WIB
obituari
Mensos: Istri Bung Tomo Bisa Dapat Gelar Pahlawan
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa usai menjadi pembicara dalam penutupan masa orientasi mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu, 31 Agustus 2016. Foto: Metrotvnews.com/Amal

Metrotvnews.com, Surabaya: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa turut berduka cita atas wafatnya istri Bung Tomo, Sulistina Sutomo. Menteri perempuan itu berharap ada pihak yang mengusulkan kepada pemerintah agar istri Bung Tomo ditetapkan sebagai pahlawan perempuan.

"Kalau ada yang mengusulkan, beliau bisa ditetapkan menjadi pahlawan nasional, asalkan ada yang mengusulkan. Karena itu sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menetapkan seseorang sebagai pahlawan," kata Khofifah, usai menjadi pembicara dalam penutupan masa orientasi mahasiswa baru Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu (31/8/2016).

Setelah ada pihak yang mengusulkan, kata Khofifah, nantinya akan diteliti oleh Tim Penilai Gelar Kepahlawanan Nasional untuk memberi gelar pahlawan nasional. Kementerian Sosial mencatat saat ini ada 163 pahlawan nasional dan hanya 13 di antaranya merupakan pahlawan perempuan.

Khofifah yakin istri Bung Tomo bisa mendapat gelar pahlawan. Sebab, kata dia, almarhumah Sulistina adalah sosok ibu bangsa yang patut menjadi teladan khususnya bagi kaum perempuan. Khofifah mengaku memiliki kedekatan dengan almarhumah dan keluarganya. 

"Sekarang ini seluruh warga bangsa ikut berduka cita atas wafatnya Sulistina Sutomo. Seluruh perjuangan, keteladanan, dan pengorbanan beliau mudah-mudahan diterima Allah SWT," ujarnya.

Almarhumah Sulistina wafat pada usia 91 tahun pada Rabu pukul 01.42 WIB. Sebelum meninggal, almarhumah sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto di Jakarta.

Jenazah Sulistina dibawa ke Surabaya untuk dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Ngagel. Di tempat itulah Bung Tomo juga dimakamkan. Jenazah Sulistina dimakamkan di samping makam Bung Tomo.

Bung Tomo adalah pahlawan yang terkenal karena perannya membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan Pertempuran 10 November 1945. Pertempuran itu hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bung Tomo lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 3 Oktober 1920 dan meninggal di Padang Arafah, Arab Saudi, pada 7 Oktober 1981. Gelar pahlawan nasional diberikan kepada Bung Tomo bertepatan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2008.


(UWA)