Besok Jembatan Widang Diresmikan

Antara    •    Selasa, 05 Jun 2018 14:16 WIB
jembatan rubuh
Besok Jembatan Widang Diresmikan
Sejumlah pekerja menyelesaikan perbaikan Jembatan Widang di Tuban, yang ambruk pada April 2018, Ant - Aguk Sudarmojo

Bojonegoro: Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya telah menyelesaikan perbaikan jembatan Widang, di Kecamatan Widang, Tuban. Besok Rabu, 6 Juni 2018, rencananya jembatan yang sempat ambruk itu akan diresmikan kembali dan dihadiri Gubernur Jawa Timur.

Kepala Bidang Presertasi BBPJN VIII Surabaya, Sodeli mengatakan Soekarwo dengan didampingi Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Machfud Arifin akan hadir untuk mengawali pemanfaatan jembatan Widang bagian Barat.

"Dari hasil uji getar sehari lalu jembatan Widang sudah siap difungsikan, karena sudah tidak ada masalah," tegasnya.

Pihaknya, lanjut dia sudah mengecek kondisi bentang jembatan Widang yang tidak roboh dengan melakukan pengecekan baut.

Begitu pula pekerjaan pengaspalan jalan di badan jembatan, pengecatan marka jalan, juga pekerjaan pengecekan lainnya sudah selesai.

Ia menyebutkan uji getar dilakukan memanfaatkan dua truk yang beratnya masing-masing 15 ton dan tiga truk tronton masing-masing beratnya 35 ton.

Dalam uji coba lima truk berjalan berjejer melalui jembatan Widang, selain itu juga berjalan beriringan.

"Jembatan Widang bagian Barat fungsinya tetap satu arah dari arah Lamongan ke Tuban. Tapi, sesuai ketentuan pemanfaatannya di jalur kanan untuk kendaraan pribadi, sedangkan jalur kiri untuk kendaraan truk," tambahnya.

Sedangkan jembatan Widang yang ada di sebalahnya di bagian Timur juga di Kecamatan Widang, dimanfaatkan untuk kendaraan dari arah Tuban ke Lamongan.

Kepala Dishub Tuban, Mudji Slamet yang dimintai konfirmasi membenarkan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo akan hadir untuk meresmikan pembukaan jembatan Widang.

Jembatan Widang bagian Barat ambruk pada 17 April 2018, mengakibatkan tiga truk dan sebuah sepeda motor masuk ke dasar Bengawan Solo bersamaan dengan ambruknya jembatan.

Dalam kejadian itu, mengakibatkan seorang pengemudi truk meninggal dunia, juga sejumlah korban lainnya menderita luka-luka.


(ALB)