Jokowi Senang Ada Film Berbahasa Daerah

Daviq Umar Al Faruq    •    Kamis, 29 Mar 2018 08:53 WIB
presiden jokowi
Jokowi Senang Ada Film Berbahasa Daerah
Presiden RI Joko Widodo usai menonton film Yowis Ben di Malang Town Square (Matos) Kota Malang, Rabu 28 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Malang: Presiden RI Joko Widodo mengaku senang ada sebuah film karya anak negeri yang menggunakan bahasa daerah. Salah satunya adalah film drama-komedi berjudul Yowis Ben yang 80 persen menggunakan bahasa Jawa.

"Saya senang sekali ada sebuah film yang berbahasa daerah Jawa Timur-an. Kemudian di bawahnya tetap ada terjemahan bahasa Indonesia sehingga semua bisa melihat dan menikmati film ini," katanya usai menonton film Yowis Ben di Cinemaxx Malang Town Square (Matos), Rabum 28 Maret 2018.

Jokowi mengatakan, Yowis Ben adalah salah satu film Indonesia yang berkualitas bagus. Syuting film yang dirilis 22 Februari 2018 ini mayoritas dilakukan di Malang.

"Ini film anak muda yang wajib ditonton yang merasa muda. Yah, bagus sekali banyak lucunya, banyak ger-nya dan alur ceritanya juga bagus," ujarnya.

Jokowi mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, film nasional mengalami pertumbuhan yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah bioskop dan juga jumlah penonton.

"Saya kira loncatan yang bagus dalam dua tahun ini," ucapnya.


Presiden RI Joko Widodo usai menonton film Yowis Ben di Malang Town Square (Matos) Kota Malang, Rabu 28 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq


Presiden pun berharap dengan semakin banyaknya bioskop yang memutar film nasional akan memberikan kesempatan kepada pembuat film untuk tumbuh dan berkreasi.

"Memberikan kesempatan dan peluang untuk pembuat film di negara kita semakin tumbuh karena jumlah penonton banyak artinya membuat film itu memiliki potensi keuntungan," tutupnya.

Presiden terlihat ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Selain itu turut hadir pula beberapa pemeran film Yowis Ben, antara lain Bayu Skak, Brandon Salim, dan Devina Aureel.

Kehadiran Presiden sontak membuat pengunjung mal heboh. Tak sedikit pengunjung yang berebut untuk bersalaman dan berswafoto dengan orang nomor satu di Indonesia ini.



 


(SUR)