LPA Jatim: Sekolah belum Bisa Ciptakan Suasana Nyaman untuk Anak-anak

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Rabu, 23 Nov 2016 19:04 WIB
pendidikan
LPA Jatim: Sekolah belum Bisa Ciptakan Suasana Nyaman untuk Anak-anak
Ilustrasi siswa SMA, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Sekolah menjadi lingkungan yang rentan dengan tindak kekerasan pada anak. Di Surabaya, 47 persen kasus kekerasan terjadi di sekolah.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jatim, Isa Anshori, mengatakan kekerasan itu berupa fisik, psikis, bahkan seksual. Sebanyak 20 persen kasus menyeret guru sebagai pelaku.

"Dengan kata lain, sekolah belum bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi peserta didik," kata Isa di Surabaya, Jatim, Rabu (23/11/2016).

Kenyataan itu bertolak belakang dengan tujuan menjadikan sekolah sebagai lingkungan yang aman dan nyaman. Sebab, lingkungan sekolah merupakan sistem pengawasan pengganti orang tua.

"Peserta didik saat menginjak halaman sekolah justru mulai tak nyaman. Ditambah lagi ada tekanan dari guru," tambah dia.

Dari beberapa laporan yang diterima LPA Jatim, secara umum kekerasan pada anak di Surabaya jumlahnya meningkat. Dari pendampingan yang dilakukan, ditemukan selain sekolah, faktor keluarga juga rentan dengan kekerasan anak.

"Kalau di rumah yang banyak kekersan psikis, ada tekanan. Akibatnya anak menjadi pemurung, takut bersosialisasi bahkan bisa sampai depresi," imbuhnya.


(RRN)