Amankan Kirab Santri di Jombang, Anggota Polisi & TNI Berpeci

Nurul Hidayat    •    Sabtu, 22 Oct 2016 14:10 WIB
hari santri nasional
Amankan Kirab Santri di Jombang, Anggota Polisi & TNI Berpeci
Anggota Polisi menggunakan peci saat bertugas. Foto: Metrotvnews.com/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Aparat gabungan dari Polres Jombang dan Kodim 0814 mengenakan peci saat bertugas mengamankan kirab santri untuk memperingati Hari Santri Santri Nasional (HSN) yang berlangsung di Kabupaten Jombang Jawa Timur, Sabtu 22 Oktober 2016.

“Kaget lihat pak polisi pakai kopiah dan peci saat bertugas, bahkan di antaranya ada yang menggunakan sorban. Mantap untuk pak polisi dan TNI yang bertugas,” ujar Nur Kholis, 14, santri yang ikut dalam kirab HSN.

Nurul Masrifah, 18, juga pangling dengan penampilan anggota polisi dan TNI itu. "Mungkin pak polisi juga pengen jadi santri," kata dia.

Kabag Ops Polres Jombang, Kompol Husen Hidayat, mengatakan atribut kopiah dan peci digunakan sebagai bentuk penghormatan Polri terhadap para santri. 

"Kabupaten Jombang dikenal dengan dunia pesantren dan santrinya. Jadi, tidak ada salahnya jika atribut tersebut dikenakan saat bertugas," kata dia.

Puluhan ribu santri di seluruh pondok pesantren di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengikuti kirab HSN sejak tadi pagi. Sebelum kirab, mereka berkumpul di Alun-alun Jombang untuk mengikuti apel HSN yang dipimpin Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko. 

Para santri berjalan sepanjang dua kilometer dari Alun-alun Kabupaten Jombang menuju Stadion Merdeka. Rombongan santri tersebut melintasi Jalan Diponegoro-Jalan K.H. Wahid Hasim dan Jalan K.H. Abdurahman Wahid.

 


(UWA)