Jatim Gelontorkan Rp98 Miliar untuk Imunisasi Difteri

Amaluddin    •    Rabu, 17 Jan 2018 17:57 WIB
klb difteri
Jatim Gelontorkan Rp98 Miliar untuk Imunisasi Difteri
Gubernur Jatim Soekarwo (tengah) saat membuka rapat dengan kepala daerah dan Dinas Kesehatan (Dinkes) se- Jatim. Foto: Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Jawa Timur butuh anggaran Rp98 miliar untuk imunisasi difteri lengkap di 38 kabupaten/kota di Jatim. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim menyiapkan Rp49 miliar, sementara Rp49 miliar sisanya dibagi dengan kabupaten/kota di Jatim.

"Jadi total biaya untuk amunisasi difteri lengkap sebesar Rp98 miliar. Imunisasi difteri masih menjadi fokus utama pemerintah pada 2018," kata Gubernur Jatim, Soekarwo, disela membuka rapat dengan kepala daerah dan Dinas Kesehatan (Dinkes) se-Jatim, Rabu, 17 Januari 2018.

Menurut Pakde Karwo, sapaan akrabnya, imunisasi difteri secara lengkap bisa memutus mata rantai penyebaran difteri. Karena itu imunisasi difteri di Jatim akan terus dilakukan, mengingat jumlah 460 kasus difteri di Jatim sepanjang 2017. Sebanyak 16 penderita difteri meninggal dunia.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo menjanjikan vaksin imunisasi difteri dari Kementerian Kesehatan akan sampai di Jatim akhir Januari. Pemprov Jatim bakal menerima tiga jenis vaksin untuk menanggulangi penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

"Adapun tiga jenis vaksin imunisasi Difteri yang akan didapatkan dari Kemenkes untuk warga usia 1-19 tahun di Jatim, yakni DPT-HB-Hib, DT, dan Td. Ketiga vaksin itu merupakan bagian dari program ORI (Outbreak Response Immunitation)," tandasnya.

Pemprov telah menyiapkan tim satu hari sebelum vaksin tersebut sampai ke Jatim. Tim tersebut terdiri dari tenaga medis yang disebar ke seluruh Jawa Timur.

"Mereka nanti disebar di beberapa titik lokasi imunisasi di seluruh daerah. Ini merupakan program imunisasi ORI yang dilakukan kemenses untuk menangani kejadian luar biasa (KLB) difteri," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim M. Kohar.


(SUR)