Banjir Buat Sejumlah Akses di Kabupaten Malang Terputus

Aditya Mahatva Yodha    •    Kamis, 19 Oct 2017 11:31 WIB
banjirbencana banjir
Banjir Buat Sejumlah Akses di Kabupaten Malang Terputus
Banjir di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Foto: MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Banjir menerjang Kabupaten Malang. Sejumlah akses jalan terputus atau rusak karena banjir dan longsor.

Selain merendam ratusan rumah di desa Sitiarjo dan Harjokuncaran, akses ke Kecamatan Gedangan terputus karena jembatan kecil di Desa Druju rusak.

"Pondasi jembatan di Desa Druju akibat tergerus hujan deras menyebabkan longsor dan rusak akibatnya jembatan tersebut tidak bisa dilewati," terang Camat Sumbermanjing Wetan Agus Harianto saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis 19 Oktober 2017.

Selain itu, hujan yang terus turun selama empat hari belakangan, membuat jalan penghubung antar Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo dengan Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, longsor sejak kemarin, Rabu 18 Oktober 2017.

Akibatnya akses jalan antar desa tersebut terputus dan tidak bisa dilalui masyarakat.  Peristiwa longsor di Tlogosari, menurut Camat Donomulyo Marendra Hengky Irawan terjadi dua kali di lokasi yang sama dalam sehari kemarin.

"Iya ini dua kali longsornya. Siang dan sore," tutur Marendra.

Longsor kedua terjadi karena intensitas hujan tinggi. Sekitar 50 meter lebih panjang jalan, tertutup dengan dua longsor di lokasi yang sama. Sisi kiri kanan jalan yang memang berupa tebing tersebut, tergerus dan menutup jalan tersebut.

"Pihak Dinas PU sudah turun untuk membersihkan longsoran tanah tersebut menggunakan excavator," tutup Marendra.


 


(SUR)