Pemda Sidoarjo Sosialisasi Pentingnya Lingkungan Hidup

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 27 Oct 2017 18:45 WIB
lingkungan hidup
Pemda Sidoarjo Sosialisasi Pentingnya Lingkungan Hidup
Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin saat memaparkan pentingnya kelengkapan dokumen pelaku usaha di Sun Hotel Sidoarjo, Jumat, 27 Oktober 2017.

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo mengundang kalangan pelaku usaha dan sekolah-sekolah di Sidoarjo untuk mengikuti Sosialisasi Dokumen Lingkungan Hidup. Mereka diberi pemahaman terkait pentingnya menjaga dan mengelola lingkungan hidup yang ada di kawasan Sidoarjo.

Dalam kegiatan tersebut diikuti 100 orang, baik perwakilan pelaku usaha maupun sekolah-sekolah yang ada di Sidoarjo. Menurut Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Achmad Syaifuddin mengungkapkan, pelestarian lingkungan sangat bergantung pada pengelolaan lingkungan yang ada. Perlindungan lingkungan hidup akan mencegah terjadinya pengrusakan.

Pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undanv Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. "UU itu merupakan representasi bagi masyarakat dalam menjaga dan merawat kelestarian lingkungan," ujar Nur Achmad Syaifuddin, Jumat, 27 Oktober 2017.

Berkaitan dengan hal itu, Perusahaan wajib menyusun dokumen lingkungan hidup. Namun, menurutnya masih ada beberapa pelaku usaha yang masih menganggap bahwa kewajiban menyusun dokumen lingkungan hanya sebuah legal formal dari proses perijinan.

"Padahal, didalam UU tersebut ada sanksi yang cukup berat bagi orang yang mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup. Ancaman pidananya paling singkat 3 tahun dan paling lama 10 tahun. Belum lagi dendanya," katanya.

Baca: Polda Jatim Selidiki 7 RS terkait Limbah Berbahaya

Dijelaskan, pemkab Sidoarjo mendukung program pelestarian lingkungan. Seperti dikeluarkannya Keputusan Bupati Sidoarjo tentang Usaha atau kegiatan wajib dilengkapi pengelolaan lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL).

"Pemda juga sudah mengeluarkan Perbup Nomor 19 tahun 2013 tentang Izin Lingkungan. Seperti AMDAL, Ukl-Upl dan ijin lingkungan. Harapan kami, pelaku usaha bisa menyusun persyaratan itu," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo, Bahrul Amiq mengatakan, pihaknya sudah membuat pelayanan berbasis online yakni aplikasi Sikoling (Sistem Informasi Rekomendasi Teknis Dokumen Lingkungan). Aplikasi tersebut dibuat untuk memberikan pelayanan rekomendasi UKL-UPL secara online.

"Aplikasi ini memberi kemudahan bagi pelaku usaha untuk mengurus persyaratan itu. Termasuk sistem pelaporan yang dilakukan setiap enam bulan sekali bagi pemegang dokumen lingkungan," jelas Bahrul Amiq. 

Kedepan, ia berharap seluruh pelayanan teknis bisa dilakukan secara online. Baik SPL, amdal, maupun rekomendasi ijin pembuangan air limbah. 



(ALB)