1.232 Orang Ditangkap di Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 22 Dec 2017 15:36 WIB
natal dan tahun baru
1.232 Orang Ditangkap di Sidoarjo
Rilis hasil operasi sikat semeru 2017 di Mapolres Sidoarjo. Medco.m.id/Hadi

Sidoarjo: Sebanyak 1.232 orang dari 1.215 kasus ditangkap jajaran Polresta Sidoarjo. Mereka ditangkap saat Operasi Sikat Semeru 2017 yang digelar 10 hari dari 11 hingga 20 Desember 2017. 

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan mereka ditangkap untuk menciptakan suasana aman dan nyaman jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Ini merupakan hasil tangkapan operasi Sikat Semeru 2017," kata Himawan di halaman Mapolres Sidoarjo, Jumat, 22 Desember 2017. 

Himawan mengatakan seribuan orang itu ditangkap karena melakukan aksi premanisme seperti pencurian dengan pemberatan (curat); pencurian dengan kekerasan (curas); pencurian kendaraan bermotor (curanmor); serta memiliki senjata tajam, senjata api, bahan peledak, minuman keras, dan alkohol. 

Tindak kejahatan yang paling marak jelang perayaan natal dan tahun baru adalah aksi premanisme. Karena itu mereka ditangkap untuk menciptakan suasana yang kondusif.

"Yang terlihat secara kasat mata itu jelas-jelas mengganggu ketertiban masyarakat seperti di jalan, di angkot, dan lain-lain. Sedangkan premanisme yang tak terlihat merupakan organisasi terselubung yang kemudian melakukan aksi premanisme," ujarnya. 

Himawan berharap kepolisian tahun ini bisa menciptakan suasana kondusif terutama menjelang perayaan natal dan tahun baru. Serta tidak ada lagi aksi-aksi premanisme ataupun terorisme di Sidoarjo.  


(ALB)