Khofifah Siapkan Strategi Khusus Antisipasi Kecurangan

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 19 Jun 2018 23:08 WIB
pilgub jatim 2018
Khofifah Siapkan Strategi Khusus Antisipasi Kecurangan
Cagub nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa, Medcom.id - Daviq

Malang: Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bakal menyiapkan strategi khusus mengantisipasi kecurangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. Antisipasi dilakukan lantaran Khofifah sudah dua kali mengikuti Pilgub Jatim pada 2008 dan 2013. Namun, Khofifah kalah dalam dua kesempatan tersebut. 

"Untuk mengantisipasi itu kami berharap saksi kita rapat. Baik saksi dalam maupun saksi luar," katanya di Malang, Selasa 19 Juni 2018.

Meski rawan pelanggaran dan kecurangan, wilayah Madura tetap menjadi bidikan pasangan calon Khofifah-Emil Dardak. Sebab, sumbangan suaranya sangat menentukan dalam situasi persaingan yang sengit dan ketat ini.

Seperti diketahui, pada Pilgub Jatim 2008 lalu dilakukan pemungutan suara ulang di Kabupaten Bangkalan dan Sampang serta penghitungan ulang di Kabupaten Pamekasan, Madura. 

Hal tersebut dilakukan setelah terdapat putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menemukan kecurangan secara masif dan terstruktur di kawasan tersebut.

"Kami berharap dan percaya bahwa sistem kita akan terus mengalami perbaikan. Sistem kita akan terkawal dan sistem kita akan terus berbenah sebagaimana azas pemilu yang jurdil (jujur dan adil) itu," bebernya.

Disisi lain, calon gubernur nomor urut satu ini mengaku pihaknya telah menemukan banyak kecurangan yang terjadi saat masa kampanye. Salah satunya adalah masalah spanduk yang hilang.

"Kita punya banyak temuan. Laporannya cukup banyak. Spanduk kita paling lama dua hari. Saya tidak tau apa yang sebenarnya terjadi. Apakah spanduk mita begitu dicintai masyarakat sampai disimpan," candanya.


(RRN)