Debat Terakhir Pilgub Jatim

Khofifah Tawarkan Sistem Terpadu Tingkatkan Pelayanan Publik

Amaluddin    •    Sabtu, 23 Jun 2018 20:43 WIB
pilgub jatim 2018
Khofifah Tawarkan Sistem Terpadu Tingkatkan Pelayanan Publik
Suasana Debat Publik III Pilgub Jatim 2018 di Surabaya, Sabtu 23 Juni 2018, Medcom.id - Amal

Surabaya: Calon gubernur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa memiliki program untuk mengakselerasi atau meningkatkan pelayanan publik yang dapat diakses seluruh warga di Jawa Timur. Khofifah menyampaikan itu menjawab pertanyaan dari ahli hukum kebijakan publik IAIN Tulungagung, Dian Ferricha, dalam Debat Publik III Pilgub Jatim, Sabtu, 23 Juni 2018.

Khofifah mengatakan sudah melakukan sistem itu semasa dirinya menjabat sebagai Menteri Sosial RI. Satu di antaranya dengan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT).

"Sistem itu sudah dilakukan di 50 kabupaten dan kota. Keterjangkauannya pun bisa diakses hingga masyarakat kecil," ujar Khofifah dalam Debat Publik III Pilgub Jatim di Dyandra Convention Center, Kota Surabaya.

Sistem itu, lanjut Khofifah, dapat memberikan informasi bagi warga untuk mengakses layanan publik. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), pendidikan, dan kesehatan.

"Intinya adalah masyarakat perlu sistem dengan kecepatan, ketepatan, dan keterjangkauan yang luas," kata Khofifah.

Sementara rivalnya, calon gubernur nomor urut 2 Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menanggapi pernyataan Khofifah. Menurut Gus Ipul, Pemerintah Provinsi Jatim sudah melakukan hal tersebut. Sistem itu merupakan salah satu yang dilakukan Pemprov Jatim selama pemerintahan Gubernur Soekarwo dan Gus Ipul yang menjadi wakilnya.

"Jadi, bukan sesuatu yang baru. Di Jatim, yang seperti itu sudah jalan," ujar Gus Ipul.

Tapi, ungkap Gus Ipul, keterjangkauannya perlu diintegrasikan antara data milik pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan pusat.

"Yang penting adalah menghadirkan pelayanan agar warga bisa menyampaikan keluhan dan berpartisipasi dalam pelayanan publik," kata Gus Ipul.


(RRN)