Bupati Jombang Bawa Alas Tidur untuk Korban Puting Beliung

Nurul Hidayat    •    Senin, 03 Oct 2016 13:28 WIB
puting beliung
Bupati Jombang Bawa Alas Tidur untuk Korban Puting Beliung
Warga korban puting beliung mendapat bantuan dari Bupati Jombang, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko meminta warganya untuk mewaspadai potensi bencana. Sebab, cuaca di Jombang, Jawa Timur, tak menentu.

Bupati mengingatkan musibah bisa datang tanpa diduga. Lantaran itu, selain berdoa, Bupati meminta warganya untuk berhati-hati.

Di musim hujan, longsor dan banjir rawan terjadi di Jombang. Beberapa wilayah yang termasuk rawan bencana misalnya Kecamatan Mojowarno, Mojoagung, Sumobito, dan Ploso.


(Rumah rusak disapu angin puting beliung di Jombang, MTVN - Nurul Hidayat)

Baca: 6 Kecamatan di Jombang Rawan Bencana

Selain itu, angin puting beliung pun menerjang. Misalnya, angin puting beliung yang menyapu puluhan rumah di Dusun Sumbermiri, Kecamatan Gudo, pada Sabtu malam 1 Oktober.

Baca: Puluhan Rumah di Jombang Rusak Dihantam Puting Beliung

"Lantaran itu mari kita sama-sama berdoa untuk memohon perlindungan Allah SWT," kata Bupati saat mengunjungi warga korban puting beliung di Dusun Sumbermiri, Senin (3/10/2016).


(Bupati Jombang mengunjungi rumah yang rusak diterjang angin puting beliung, MTVN - Nurul Hidayat)

Bupati juga memberikan bantuan untuk kebutuhan sehari-hari korban angin puting beliung. Seperti beras, minyak, sarden, dan mi instan. Ada pula bantuan berupa terpal dan alas tidur.

Angin puting beliung mengakibatkan tujuh rumah rusak berat di Dusun Sumbermiri. Beberapa bagian tembok ambruk. Atap beterbangan. Tapi penghuni rumah terpaksa bertahan di salah satu ruangan yang masih aman dari reruntuhan.

Sementara puluhan rumah lain rusak ringan dan sedang. Tiga pos siskamling pun rusak. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun warga mengalami kerugian materil.


(RRN)