1.500 Warga Jatim Minta First Travel Kembalikan Uang

Amaluddin    •    Sabtu, 12 Aug 2017 11:39 WIB
ibadah umrahkemelut first travel
1.500 Warga Jatim Minta First Travel Kembalikan Uang
Jemaah umrah di kantor pusat First Travel. Foto: Metrotvnews.com/Arga

Metrotvnews.com, Surabaya: Jemaah umrah asal Jawa Timur mendatangi kantor First Travel di Surabaya. Mereka meminta manajemen First Travel mengembalikan uang yang akan dipakai untuk berangkat umrah.

"Sudah lama saya mendaftar ke First Travel, saya ke sini untuk meminta uang saya dikembalikan," kata Tri Ningsih, warga asal Jombang, Jawa Timur, di kantor First Travel (kini berubah nama menjadi Wardani Travel), di Jalan Raya Margorejo, Surabaya, Jumat, 11 Agustus 2017.

Ningsih mengaku telah menyetor uang ke First Travel Rp14 juta. Ia mendaftar bersama kakak dan anaknya. Sedianya, mereka berangkat Mei lalu. "Saya telah mendaftar sekitar 2016. Sejak muncul kasus ini, saya sudah tak percaya dan meminta First Travel segera mengambalikan uang kami," kata Ningsih.

Budi, salah satu pegawai First Travel di Surabaya, membenarkan jemaah yang sudah mendaftar umrah di First Travel meminta uang mereka dikembalikan. "Saat ini ada 1.500 orang yang belum berangkat umrah dan semua meminta uangnya dikembalikan," kata Budi.

Baca: Problem di Balik Kasus First Travel

Budi berharap para jemaah yang telah menyetorkan uangnya tidak khawatir. Pasalnya, First Travel pusat berjanji mengembalikan uangnya secara utuh. "First Travel pusat (Jakarta) telah mengeluarkan SK akan mengembalikan uang jemaah utuh," kata Budi.

Semula, kata Budi, ribuan calon peserta ibadah umrah itu ingin First Travel tetap memberangkatkan mereka. Namun, mereka berubah pikiran setelah timbul kisruh di Jakarta. "Sekarang sudah tidak ada orang yang mau mendaftar di first travel," kata Budi.




(UWA)