Warga Desa Senden Mengamuk Memergoki Aksi Pencurian

Nurul Hidayat    •    Selasa, 04 Jul 2017 16:19 WIB
pencurian
Warga Desa Senden Mengamuk Memergoki Aksi Pencurian
Para pelaku saat dievakuasi petugas ke mobil polisi -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Kericuhan terjadi di Desa Senden, Kecamatan Peterongan, Jombang, Jawa Timur. Ratusan warga mencoba mendaratkan bogem mentah dan melepar batu ke arah dua pencuri yang tertangkap.

Belum puas, warga kemudian membakar sepeda motor yang digunakan pencuri untuk beraksi di siang bolong. Kemarahan warga belum bisa diredam saat pelaku diamankan polisi dari Polres Jombang.

Warga yang semakin brutal dan melakukan tindakan anarkis coba dihalau polisi. Namun, justru terjadi aksi saling dorong dan tendang antara warga dan polisi.


Para pelaku saat dievakuasi petugas ke mobil polisi -- MTVN/Nurul Hidayat

Kemarahan warga tersebut bermula ketika Deni, 30, dan Kartoto, 30, berkasi di rumah Ernawati di Desa Senden. Keduanya sempat menggondol televisi, laptop, dan uang tunai Rp1,5 juta dari rumah Ernawati, 28, dengan cara mencongkel pintu belakang.

"Rumah sedang kosong. Mereka dikira saudara saya yang hendak mengambil televisi. Namun, setelah saya katakan dia bukan saudara, langsung dikejar oleh warga," kata Ernawati di kediamannya, Selasa 4 Juli 2017.

Tetangga Ernawati mengejar kedua pelaku yang kabur menggunakan sepeda motor ke arah selatan. Dua pelaku yang belakangan diketahui bernama Deni, 30, dan Kartoto, 30, berhasi ditangkap warga di Desa Ngrandu Lor.

"Setelah mendapatkan kabar perampokan tersebut, saya langsung pulang. Sebelumya, kondisi rumah sepi karena saya tinggal ke rumah ibu di desa sebelah," lanjut Ernawati.

Masih menurut Ernawati, pelaku sempat melemparkan televisi yang dicuri dari rumahnya kepada kerumunan warga yang mengejar. Sehingga, televisi LED 21 inc tersebut hancur.

Kapolsek Peterongan Ajun Komisaris Polisi Mintarto menyayangkan aksi main hakim oleh warga. "Negara ini adalah negara hukum. Biarlah mereka diadili lewat proses hukum," pungkasnya.


(NIN)