Pedagang Hewan Kurban di Jombang Masih Sepi Pembeli

Nurul Hidayat    •    Kamis, 24 Aug 2017 14:54 WIB
iduladha 2017
Pedagang Hewan Kurban di Jombang Masih Sepi Pembeli
Pedagangan kambing kurban di Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Pedagang hewan kurban di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengeluh, karena masih sepi pembeli. Padahal, Iduladha tinggal sepekan lagi.

"Kondisi seperti ini hampir terjadi di seluruh pedagang hewan kurban yang biasa berjualan menjelang Iduladha. Hingga kini masih sepi, belum ada tanda-tanda kenaikan penjualan," kata Subur, 41, pedagang hewan kurban di depan SMP Negeri 1 Diwek, Jombang, Kamis 24 Agustus 2017.

Subur mengatakan, dari 30 kambing yang ia jual, hingga saat ini baru laku tiga ekor. Bahkan, ia sudah menyediakan berbagai macam kambing untuk memikat pembeli, seperti kambing jenis etawa, benggolo, dan gibas.

"Untuk harga, tergantung besarnya kambing. Sehingga, harga masih bisa menyesuaikan," imbuhnya.

Menurut Subur, ia mematok harga kambing Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekor. "Harga ini belum mengalami kenaikan sejak dua pekan terakir, masih tetap sama karena minimnya pembeli," tandasnya.

Penjual hewan kurban lainnya, Arif, 42, mengatakan, sepinya pembeli kemungkinan karena banyak pegawai belum gajian. "Mungkin karena masuk tanggal tua, jadi uangnya belum ada. Mungkin dalam waktu dekat akan ada kenaikan," pungkasnya.


(NIN)