Jokowi Terbebas dari Biaya Kuliah Kaesang

Abdul Halim Ahmad, Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 18 Dec 2018 19:48 WIB
jokowi
Jokowi Terbebas dari Biaya Kuliah Kaesang
Presiden Joko Widodo dalam peluncuran bank wakaf mikro di Jombang, Jawa Timur, Selasa, 18 Desember 2018. Foto: Yogi Bayu Aji/Medcom.id

Jombang: Presiden Joko Widodo mengaku sudah tak membiayai kuliah sang bungsu, Kaesang Pangarep. Pasalnya, Kaesang sudah bisa mandiri dengan bisnis berjualan pisang. 

"Itu jualan pisang goreng. Ya nyatanya kuliahnya saya sudah enggak dibayari lagi. Bisa bayar sendiri dari jualan pisang goreng," kata Jokowi dalam peluncuran Bank Wakaf Mikro di Jombang, Jawa Timur, Selasa, 18 Desember 2018. 

Kepada nasabah Bank Wakaf Mikro, Jokowi menekankan bisnis kecil juga bisa berkembang. Dia mencontohkan perkembangan bisnis anaknya. 

"Anak saya itu jualan pisang goreng itu sudah di 54 kota. Pisang goreng, ya pisang goreng. Tokonya sewa kecil-kecil gitu," jelas dia. 

Baca: Kaesang Pilih Urus Bisnis ketimbang Dampingi Jokowi

Kepala Negara menjelaskan alasan mengapa Bank Wakaf dibangun di pondok pesantren. Program ini dianggap bisa mengembangkan ekonomi umat. 

Bank ini jadi solusi ketika warga sulit mengakses perbankan. Bank Wakaf pun sudah beroperasi di 41 pondok pesantren. Jokowi berjanji bakal mengembangkan program ini ke depan. 

"Akan kita evaluasi, akan kita lihat, kita koreksi sudah betul atau belum, kemudian nasabahnya terseleksi dengan baik atau belum? Banyak yang nunggak atau tidak banyak yang nunggak? Yang ngangsur baik atau tidak baik?" jelas dia.


(AZF)