Akun Medsos Caleg untuk Kampanye Harus Didaftarkan

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 16 Oct 2018 16:26 WIB
pileg
Akun Medsos Caleg untuk Kampanye Harus Didaftarkan
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Sidoarjo: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo mengimbau calon legislatif di segera mendaftarkan akun media sosial yang digunakan untuk berkampanye. Informasi hoaks dan kampanye hitam diharapkan dapat ditekan dengan pendaftaran akun resmi ini.

Ketua KPU Sidoarjo M Zainal Abidin menyebut pendaftaran akun medsos untuk kampanye ini menjadi ketentuan baru KPU. Aturan tersebut sudah tertuang dalam PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu 2019.

"Jadi, semua caleg diharuskan menyetorkan atau mendaftarkan akun medsos seperti Facebook, Twitter, dan Instagram yang akan dijadikan alat kampanye," ujar Zainal Abidin, Selasa, 16 Oktober 2018.

Media sosial merupakan salah satu alat kampanye yang banyak digunakan caleg untuk memperkenalkan visi misinya. Namun pada perkembangannya kerap disalahgunakan pihak-pihak tertentu untuk membuat gaduh.

"Media sosial kan penyebarannya sangat cepat sekali dan tidak terkontrol. Mungkin dengan begitu (didaftarkan), kita bisa melakukan pengawasan," jelasnya.  

Pendaftaran akun media sosial sudah dibuka sejak proses kampanye dimulai. Namun, belum seluruh caleg mendaftarkan akun medsos miliknya ke KPU.

"Akun medsos yang sudah didaftarkan akan diserahkan kepada Bawaslu. Sehingga penyalahgunaan media sosial (hoaks atau SARA ) sebagai alat kampanye tak terjadi di kemudian hari," tandasnya.


(SUR)