Kantor Pabrik Gula Krembung Digeledah Terkait Pungli Rp1,6 M

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 30 Aug 2017 17:59 WIB
pungli
Kantor Pabrik Gula Krembung Digeledah Terkait Pungli Rp1,6 M
Tim penyidik Kejaksaan Negeri Sidoarjo menggeledah kantor Pabrik Gula Krembung (PG Krembung) Sidoarjo, Rabu, 30 Agustus 2017. Foto: MTVN/Syaikhul Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Tim penyidik Kejaksaan Negeri Sidoarjo menggeledah kantor Pabrik Gula Krembung (PG Krembung) Sidoarjo, Rabu, 30 Agustus 2017.  Penggeledahan itu berkaitan dengan dugaan pungli sebesar Rp. 1,6 miliar di perusahaan milik BUMN.

Berdasarkan pengamatan lapangan, tim yang berjumlah 7 orang berompi Satuan Khusus Pemberantasan Korupsi itu lantas masuk ke ruang Direktur, General Manager, Manager dan bagian keuangan dengan didampingi seorang staf perusahaan.

Dari sekian ruangan itu, penyidik melakukan penyegelan di ruang bagian keuangan. Alasannya, ada berkas yang dikunci dan tidak bisa dibuka.

Kasi Intelijen Kejari Sidoarjo, Andri Tri Wibowo membenarkan pengeledahan itu terkait dugaan pungli dan penyelewengan pengelolaan keuangan yang mencapai Rp. 1,6 Milyar. "Itu (pungli dan penyelewengan) dilakukan sejak tiga tahun terakhir sejak 2015 hingga 2017 di perusahaan BUMN dibawah PTPN X itu," kata Andri.

Penggeledahan itu dilakukan untuk mencari berkas dan dokumen untuk melengkapi bukti-bukti. Sejauh ini, pihaknya telah memanggil sejumlah saksi diantaranya petinggi PG Krembung, Sidoarjo. Hanya saja pihaknya masih belum menetapkan tersangka dalam persoalan ini.

"Ini sudah Dik (penyidikan), kami membutuhkan dokumen dan berkas lainnya untuk kelengkapan bukti. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa ditetapkan tersangka," tandasnya.


(SUR)